Ketua KPU Kota Padang Buka Dialog Publik, Dorri Putra: Kita Butuh Berita Terkonfirmasi

Ketua KPU Kota Padang Buka Dialog Publik, Dorri Putra: Kita Butuh Berita Terkonfirmasi
Dialog publik "Pers di Tengah Gempuran Jurnalisme Warga pada Pilkada Serentak 2024", Sabtu, 5 Oktober 2024.
BENTENGSUMBAR.COM
- Sebagai Ketua KPU Kota Padang Dorri Putra membuka dialog publik "Pers di Tengah Gempuran Jurnalisme Warga pada Pilkada Serentak 2024", Sabtu, 5 Oktober 2024.

"Pilkada tinggal 54 hari lagi. Sejak tanggal 25 September 2024, kita sudah memasuki tahapan kampanye hingga tanggal 23 November 2024," ujar Dorri Putra dalam sambutannya.

Dikatakannya, hingga 10 hari berjalan tahapan kampanye, pelaksanaan Pilkada berjalan dengan baik, lancar, aman dan sukses.

"Kita sudah Rakor dengan LO pasangan calon untuk menyepakati Alat Peraga Kampanye dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk kampanye," katanya.

Menurut Dorri, dukungan pers sangat penting pada pelaksanaan kampanye dan Pilkada ini, sehingga dapat berjalan sesuai dengan koridor konstitusi.

"Kita sudah membaca berita-berita liputan media terkait dengan kegiatan sosialisasi dan kampanye pasangan calon. Alhamdulillah, sudah banyak diberitakan," tukuknya.

Namun ironisnya, dalam pelaksanaan Pilkada ini, juga muncul jurnalis dadakan atau yang dikenal dengan jurnalis warga.

"Saat ini kita lihat, banyak masyarakat yang menjadi jurnalis dadakan atau karbitan. Mereka menyampaikan informasi melalui media sosial," ungkapnya.

Tapi, kata Dorri, publik butuh informasi atau berita terkonfirmasi dengan valid. Sebab, jika tidak terkonfirmasi atau valid, informasi atau berita itu besar kemungkinan mengandung hoaks.

"Kita butuh berita terkonfirmasi. Dengan demikian, dukungan rekan-rekan jurnalis dan media sangat dibutuhkan untuk menghadirkan informasi dan berita yang terkonfirmasi dengan valid terkait Pilkada Serentak 2024, sehingga Pilkada ini dapat berjalan dengan baik, lancar, aman dan sukses sesuai koridor kontitusi," cakapnya.

Untuk itu, kata Dorri, maka dilaksanakan kegiatan dialog publik dengan tema "Pers di Tengah Gempuran Jurnalisme Warga pada Pilkada Serentak 2024."

Hadir pada kesempatan itu, Komisioner KPU Kota Padang Arset Kusnadi, dan Sekretarus KPU Kota Padang serta jajaran Sekretariat KPU Kota Padang.

Bertindak sebagai narasumber pada kegiatan tersebut Hendra Makmur yang merupakan ahli pers dari Dewan Pers dan kegiatan diikuti 60 orang jurnalis dari media cetak, elektronik, siber dan pers kampus. (*)

Pewarta: Zamri Yahya

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »