Andre Rosiade: MPR Siap Sukseskan Pelantikan Presiden-Wapres 20 Oktober 2024

Andre Rosiade: MPR Siap Sukseskan Pelantikan Presiden-Wapres 20 Oktober 2024
Sekretaris Fraksi Gerindra MPR RI H Andre Rosiade bersama Ketua MPR RI Ahmad Muzani usai pelantikan di gedung Senayan Jakarta.
BENTENGSUMBAR.COM
- Sekretaris Fraksi Gerindra MPR RI H Andre Rosiade memastikan, MPR 2024-2029 siap menyukseskan pelantikan Presiden RI Prabowo Subianto dan Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka. 

Sejak dilantik 1 Oktober 2024 lalu, MPR RI langsung tancap gas memastikan pimpinan dan fokus dalam proses pelantikan Presiden dan Wapres terpilih.

“Alhamdulillah, susunan pimpinan MPR RI sudah disahkan 3 Oktober kemarin dan siap tancap gas dalam tugas. Ketua berasal dari Gerindra yaitu pak Sekjen Ahmad Muzani. Insya Allah, ini akan mempermudah dan mempercepat tugas pertama MPR, melantik Presiden terpilih,” kata Andre Rosiade, Minggu (13/10/2024).

Andre Rosiade mengatakan, penetapan pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pemilu 2024 telah diketok palu oleh KPU Rabu, 24 April 2024 lalu di kantor KPU. 

Setelahnya dilanjutkan ke tahapan pelantikan, sesuai dengan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024

“Berdasarkan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih digelar pada Minggu, 20 Oktober 2024 mendatang. Pasangan terpilih akan melakukan pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden. Akhirnya, ini menjadi akhir dari serangkaian tahapan penyelenggaraan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024,” kata Andre.

Andre Rosiade berharap, semua tahapan dalam pelantikan Presiden-Wapres ini berjalan lancar dan mendapatkan dukungan semua pihak. 

Agar Prabowo-Gibran bisa langsung bekerja melanjutkan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin yang sukses. 

"Juga melanjutkan dua periode Presiden Jokowi,” katanya.

Untuk pelantikan, Ketua MPR Ahmad Muzani mulai memimpin rapat pimpinan MPR pertama, Rabu (9/10/2024). 

Rapat ini membahas persiapan MPR RI untuk acara pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo-Gibran. 

Muzani menyatakan bahwa MPR secara prinsip siap melantik Prabowo dan Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

“Rapat ini bertujuan memastikan bahwa MPR siap mensukseskan pelantikan Pak Prabowo dan Mas Gibran Rakabuming sebagai presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober mendatang,” jelas Muzani.

Ia juga meminta semua pihak untuk bersatu meskipun memiliki pilihan berbeda saat pemilihan presiden dan wakil presiden. 

Muzani meyakini rakyat Indonesia siap menerima proses peralihan kepemimpinan dari Jokowi-Ma’ruf kepada Prabowo-Gibran.

“Mari kita tunjukkan kepada dunia bahwa kita sebagai bangsa tetap bersatu dan rukun, meskipun ada perbedaan pilihan. Rakyat Indonesia siap menyambut proses peralihan kepemimpinan menuju Indonesia yang lebih baik dan maju,” ujar Muzani.

Diketahui, pada 20 Oktober 2024, Prabowo-Gibran akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029. 

Sesuai dengan UUD 1945, salah satu tugas dan wewenang MPR adalah melantik presiden dan/atau wakil presiden hasil pemilihan umum dalam sidang paripurna MPR. 

Pasal 4 UU MD3 juga menyebutkan bahwa salah satu wewenang MPR adalah melantik Presiden dan Wapres. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »