Aksi Cepat TRC BPBD Padang Atasi Pohon Tumbang di Batipuh Panjang

Aksi Cepat TRC BPBD Padang Atasi Pohon Tumbang di Batipuh Panjang
Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Padang bergerak cepat di bawah komando Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (KL) BPBD Kota Padang, Al Banna.
BENTENGSUMBAR.COM
- Hujan deras disertai angin kencang melanda Kota Padang, Sabtu (12/10/2024) sekitar pukul 15.40 WIB menyebabkan sebuah pohon trambesi tumbang di Jalan Anak Air, RT 01 RW 15, Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah.

Pohon dengan diameter sekitar 50 cm dan panjang lebih kurang 15 meter tersebut tumbang, menutup bahu jalan dan menghambat arus lalu lintas.

Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Padang bergerak cepat di bawah komando Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (KL) BPBD Kota Padang, Al Banna. Tim dibantu oleh warga setempat langsung membersihkan pohon tumbang yang mengganggu akses jalan.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Padang Al Banna, menyampaikan Kejadian ini merupakan dampak dari hujan lebat dan angin kencang yang mengguyur wilayah Kota Padang. 

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi bahaya yang dapat timbul, khususnya di sekitar pepohonan besar yang rentan tumbang saat cuaca ekstrem," imbaunya.

Al Banna menambahkan, pihaknya terus mengantisipasi dan memonitor wilayah-wilayah yang berisiko, terutama saat cuaca buruk seperti ini. 

TRC BPBD Kota Padang katanya, siap merespons setiap laporan dari masyarakat dengan cepat. Selain itu, dia juga menyarankan agar warga menghindari berteduh di bawah pohon atau papan reklame saat terjadi hujan deras dan angin kencang, demi keselamatan diri.

"Kami mengajak seluruh warga untuk bersama-sama menjaga lingkungan, dengan memangkas atau melaporkan pohon-pohon yang terlihat berpotensi tumbang. Tindakan preventif ini sangat penting untuk mengurangi risiko kejadian serupa di masa depan," tutupnya.

Hingga berita ini diturunkan, arus lalu lintas di Jalan Anak Air sudah kembali normal setelah pohon berhasil dievakuasi. BPBD Kota Padang terus memantau situasi untuk mengantisipasi kemungkinan kejadian serupa di daerah lain.

Dengan kondisi cuaca yang tidak menentu, masyarakat diimbau untuk selalu berhati-hati, terutama di daerah yang banyak ditumbuhi pepohonan besar. 

Kolaborasi antara warga dan pemerintah dalam menjaga lingkungan serta kewaspadaan terhadap kondisi alam akan menjadi kunci penting dalam mengurangi dampak bencana.(Hariz/Taufik)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »