Dinilai Tim Provinsi, Pj Wako Padang: Posyandu Semai Benih Bangsa Siap Jadi Juara !

Dinilai Tim Provinsi, Pj Wako Padang: Posyandu Semai Benih Bangsa Siap Jadi Juara !
Kehadiran tim penilai yang dipimpin Quartita Evari Hamdiana itu, disambut Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar.
BENTENGSUMBAR.COM
- Berhasil masuk nominasi lima besar dalam Penilaian Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2024, Posyandu Semai Benih Bangsa (SBB) Palimo, Kelurahan Cupak Tangah, Kecamatan Pauh resmi dinilai Tim Penilai Provinsi, Jumat (5/7/2024).

Kehadiran tim penilai yang dipimpin Quartita Evari Hamdiana itu, disambut Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar bersama Pj Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Vanny Andree Algamar. 

Hadir di kesempatan itu Ketua Bidang III TP-PKK Kota Padang Ny. Netti Yosefriawan, serta Kepala DP3AP2KB Kota Padang Eri Sendjaya dan sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang, serta Camat Pauh Titin Masfetrin.

“Kami sangat berharap apa yang telah dilakukan dan dihasilkan oleh kader Posyandu Semai Benih Bangsa mampu menarik simpati dari tim penilai. Semoga Kota Padang menjadi juara satu dalam ajang ini,” harap Andree Algamar.

Sementara itu, Quartita Evari Hamdiana mengatakan, penilaian lapangan ini dilakukan pihaknya untuk melihat secara langsung kondisi riil, serta program kegiatan dan inovasi yang telah dilakukan oleh kader Posyandu SBB. Selain itu juga momen mengevaluasi dan melakukan pembinaan terhadap para kader Posyandu yang dinilai.

“Hasil penilaian lapangan ini untuk menentukan juara satu, dua dan tiga serta harapan satu dan dua kategori tingkat kota dalam ajang penilaian kader Posyandu berprestasi tingkat Sumbar tahun 2024. Bagi yang meraih juara satu akan mewakili Sumbar ke tingkat nasional," terangnya.

Pj Ketua TP-PKK Kota Padang Ny. Vanny Andree Algamar menyampaikan, penilaian ini berarti penting untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan yang dimiliki Posyandu SBB. 

"Melalui momentum penilaian ini kita juga berharap seluruh kader-kader Posyandu di Kota Padang semakin termotivasi untuk memajukan Posyandu masing-masing. Keberadaan Posyandu saat ini memiliki peran di banyak aspek, salah satunya dalam mencegah stunting pada bayi dan balita," ujar Ny. Vanny penuh semangat.

Dalam eksposenya, Ketua Pokja Kelurahan Cupak Tangah Nefrita Sari menyebutkan, berbagai inovasi telah dilahirkan Posyandu SBB sejauh ini.
Diantaranya ada Mamud (Mama Muda) sebagai wadah perkumpulan dan penyambung silaturahmi ibu-ibu muda di kawasan Komplek Palimo Indah dengan tujuan memberdayakan anggota mama muda dari berbagai profesi.

Selanjutnya kata dia, juga ada Pematur (Pemberian Makanan Tambahan dari Donatur). Inovasi ini berupa pemberian makanan tambahan (PMT) yang sehat dan bergizi kepada bayi dan balita dalam setiap kegiatan Posyandu. Sumber dananya bahkan dari arisan ibu-ibu Komplek Palimo Indah, selain dari PMT yang diprogramkan pihak Pemerintah Kecamatan Pauh.

"Selain itu kita juga membuat inovasi Forsan (Forum Sasaran Posyandu) dengan membuat WA grup untuk pemberian informasi dan konseling yang beranggotakan tenaga kesehatan di Puskesmas Pauh dan ibu-ibu sasaran Posyandu SBB. Yang menarik ada Kelas Ayah, dimana para ayah di komplek ini ikut mendampingi istrinya rutin melakukan pemeriksaan kesehatan balitanya di Posyandu SBB," paparnya lagi. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »