Terkait Ranperda Inisiatif DPRD Sumbar, Hidayat: ABS-SBK Penanda Identitas Keberagaman Budaya

Terkait Ranperda Inisiatif DPRD Sumbar, Hidayat: ABS-SBK Penanda Identitas Keberagaman Budaya
Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Hidayat bertindak sebagai Keynote Speaker pada pertemuan terkait Ranperda tentang pemajuan kebudayaan daerah, pelestarian cagar budaya dan pengelolaan museum.
BENTENGSUMBAR.COM
– Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Hidayat bertindak sebagai Keynote Speaker pada konferensi pers terkait Ranperda tentang pemajuan kebudayaan daerah, pelestarian cagar budaya dan pengelolaan museum.

Kegiatan berlangsung di ruang Bamus DPRD Provinsi Sumbar pada Senin, 3 Juni 2024.

Hidayat mengatakan, fenomena Sosial Budaya Potensi mulai merenggangnya apresiasi, interaksi dan atraksi.

Serta harmonisasi keberagaman budaya lintas suku dan etnis sebagai elemen perekat kehidupan berbangsa berdaerah

“Potensi mulai tidak akrabnya Generasi Y (milenial 1981-1996), Generasi Z (1997-2012) dan Generasi Alpha (lahir setelah Generasi Z) terhadap Bahasa Daerah,

Kesenian Daerah, Adat Istiadat dan Sejarah Daerah, Permainan Rakyat, Olahraga Tradisional, Tradisi Lisan, Pakaian Daerah,” ujar Hidayat.

Dikatakan Hidayat, isu krusial muatan lokal kurikulum ke satuan pendidikan formal, apresiasi kepada lembaga dan pelaku seni budaya , pembentukan dewan kebudayaan daerah dan Anggran 2 persen untuk pemajuan kebudayaan dari APBD setiap tahun.

“Kita menimbang dengan berlandaskan adat basandi syarak,syarak basandi kitabullah dan keberagaman budaya di Sumatera Barat debagai penanda identitas dan bagian integral dari budaya Nasional,” cakap Hidayat.

Adapun tema pertemuan tersebut adalah "Mengobati dan Merawat Nilai nilai Kebudayaan Daerah Melawan Bangga Budaya Asing”.

Pertemuan itu berdasarkan rancangan peraturan daerah provinsi Sumatera Barat tentang pemajuan kebudayaan daerah, pelestarian cagar budaya dan pengelolaan museum yang merupakan Perda Inisiatif DPRD Provinsi Sumatera Barat. (*)

Editor: Zamri Yahya

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »