KPK akan Jadwalkan Pemanggilan Selanjutnya, Hasto Siap-siap

KPK akan Jadwalkan Pemanggilan Selanjutnya, Hasto Siap-siap
Jubir KPK, Tessa Mahardika Sugiarto meminta seluruh pihak sabar menunggu jadwal waktu pemanggilan. 
BENTENGSUMBAR.COM
- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memanggil kembali Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto usai memanggil anak buahnya Kusnadi.

Jubir KPK, Tessa Mahardika Sugiarto meminta seluruh pihak sabar menunggu jadwal waktu pemanggilan. 

"Itu kita tunggu aja (pemanggilan Hasto)," ujar Tessa kepada awak media di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (21/6/2024).

Tessa menjelaskan, jadwal pemanggilan Hasto tergantung kebutuhan penyidik KPK untuk mendalami informasi terkait kasus eks caleg PDIP Harun Masiku. 

Khususnya, terkait dugaan pemberian suap Eks Komisioner KPU Wahyu Setiawan maupun informasi keberadaan DPO yang telah hilang 4 tahun lamanya itu.

"Semua pemanggilan saksi atau berdasarkan petunjuk dan kebutuhan penyidik apabila penyidik merasa perlu mendalami baik perkaranya itu sendiri maupun keberadaan tersangka HM (Harun Masiku)," jelasnya.

Dia menambahkan, tim penyidik juga berpeluang kembali menyita sejumlah barang milik Hasto untuk dijadikan barang bukti guna analisis pendalaman kasus Harun Masiku. 

"Maka penyidik akan memanggil saksi-saksi dan menyita baik itu dokumen maupun barang bukti elektronik yang dibutuhkan," katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK menyebutkan, Hasto minta diperiksa kembali oleh tim penyidik pada bulan Juli 2024.

"Kalau enggak panggilan bulan Juli atau apa yang bisa minta dijadwalkan," ujar Alex kepada awak media di Gedung Merah Putih KPK K4, Jakarta Selatan, Rabu (12/6/2024).

Hal ini mendapatkan kritik dari Peneliti dari Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada (UGM), Zaenur Rohman yang menilai seorang saksi tidak bisa seenak jidat mengatur jadwal pemeriksaan dari Tim Penyidik. 

"Semua harus atas kebutuhan penyidik seorang saksi itu tidak bisa mengajukan jadwal, apalagi mengatur jadwal itu tidak bisa," ujar Zaenur saat dihubungi Inilah.com, Kamis (13/6/2024).

Di sisi lain, staf Hasto bernama Kusnadi mengaku pernah bertemu dengan Harun Masiku. 

Hal ini dibenarkannya usai diperiksa tim penyidik KPK pada Rabu (19/6/2024) kemarin. 

"Pernah (bertemu Harun seumur hidup saya pernah)," ujar Kusnadi kepada awak media.

Namun, ia enggan membeberkan kapan dan lokasi pertemuan dirinya dengan DPO yang telah lama hilang 4 tahun tersebut.

Sumber: inilah.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »