Wagub dan Ketua DPRD Sumbar Gunting Pita Peresmian Masjid Asy Syura: Dilengkapi Beragam Fasilitas

Wagub dan Ketua DPRD Sumbar Gunting Pita Peresmian Masjid Asy Syura: Dilengkapi Beragam Fasilitas
Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Audy Joenaldi dan Ketua DPRD Sumbar Supardi menggunting pita sebagai tanda peresmian masjid Asy Syura DPRD Sumbar.
BENTENGSUMBAR.COM
- Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat Audy Joenaldi dan Ketua DPRD Sumbar Supardi menggunting pita sebagai tanda peresmian masjid Asy Syura DPRD Sumbar, Senin, 4 Maret 2024.

Sekretaris DPRD Sumbar Raflis dalam laporannya, masjid tiga lantai tersebut dibangun dengan dana APBD Sumbar sebesar Rp21 miliar.

"Biaya untuk pembangunan masjid dianggarkan oleh APBD 2021, sengan periode anggaran 2022-2023, dan dikerjakan selama 395 hari waktu pengerjaan," ungkapnya.

Menurut Raflis, masjid ini lahir karena latar belakang keinginan pihak DPRD Sumbar untuk memperkuat dan memperkokoh keagamaan di lingkungan DPRD Sumbar.

"Di lantai 1 masjid, terdapat ruang rapat serba guna yang bisa memuat 100 orang. Selain itu, ada ruang koperasi, perpustakaan, dan lainnya. Kita sudah kerja sama dengan pustaka nasional untukk perpustakaan masjid,” urainya.

Sementara itu, di lantai 2 ada ruang salat, yang memuat kapasitas sekitar 400-an orang, dan di lantai 3 bisa memuat jamaah sebanyak sekitar 125 orang. Masjid ini berkapasitas total sekitar 600-an orang.

"Masjid dilengkapi dengan sejumlah sistem otomatis dan hemat energi. Ada juga penangkal petir elektrostatik digunakan untuk masjid, dan sejumlah kecanggihan lainnya," terangnya.

Ketua DPRD Sumbar Supardi pada kesempatan itu menyampaikan, masjid tersebut dilengkapi fasilitas berdiskusi, rapat, berbicara apapun. Masjid ini difasilitasi juga perpustakaan. Manual maupun digital. 

"Saat ini baru ada 2 ribu judul buku di pustaka digitalnya, namun ke depan, semoga bisa mencapai 2 juta judul buku nantinya,” sebut Ketua.

Supardi berharap agar dengan adanya masjid ini, akan lahir literasi-literasi hebat nantinya, melalui fasilitas yang ada. Sebab, orang-orang pintar dan cerdas dilahirkan dari sejauh mana dia mampu menghasilkan literasi. 

"Semoga melalui masjid ini , akan lahir literasi-literasi untuk generasi seterusnya,” cakap Supardi.

Sementara itu, Wagub Audy Joenaldi berharap masjid ini bisa menjadi tempat beribadah bagi masyarakat sekitar, senantiasa beroperasi, sehingga menjadi keberkahan untuk semua. (*)

Editor: Zamri Yahya

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »