Sempat Vakum 10 Tahun, Usmardi Thareb Kembali Lolos ke DPRD Kota Padang, Akankah Tetap Kritis Terhadap Kebijakan Pemko Padang?

Sempat Vakum 10 Tahun, Usmardi Thareb Kembali Lolos ke DPRD Kota Padang, Akankah Tetap Kritis Terhadap Kebijakan Pemko Padang?
Anggota DPRD Kota Padang terpilih pada Pemilu 2024, Usmardi Thareb (kanan) bersama anggota PWI Sumbar Bang Yahya.
BENTENGSUMBAR.COM
- Setelah sempat vakum dari kursi empuk DPRD Kota Padang, Usmardi Thareb kembali melenggang ke gedung mewah DPRD Kota Padang pada Pemilu, 14 Februari 2024.

Merujuk hasil rapat pleno rekapitulasi suara dan penetapan hasil pemilu 2024 KPU Kota Padang yang disahkan pada Ahad, 3 Maret 2024, Usmardi Tahareb unggul dari calon anggota DPRD Kota Padang lainnya di Partai Amanat Nasional (PAN) di daerah pemilihan Kota Padang 2 Kecamatan Kuranji.

Pria yang akrab disapa Ujang Thareb tersebut meraup 2.676 suara dari total 7.724 suara sah PAN di dapil Kota Padang 2.

Perolehan suara Usmardi Thareb mengalahkan caleg petahana yang saat ini masih bercokol di kursi empuk DPRD Kota Padang Yandri Hanafi.

Yandri Hanafi hanya meraup 1.557 suara. Disusul oleh caleg pendatang baru Riyasril Indro yang meraih 2.480 suara.

Ketiganya merupakan caleg dengan peraih suara diatas 4 digit di tubuh PAN di Kuranji. Caleg lainnya memperoleh suara tak menggigit.

Seperti Titi Halinandini hanya memperoleh 73 suara, Dafri meraih 200 suara, Julia Ayu Ningsih 47 suara dan Padri 205 suara.

Sebagai informasi, Usmardi Thareb merupakan politisi senior PAN di Kota Padang.

Ia pernah menjadi anggota DPRD Kota Padang 2 periode, yaitu periode 2004-2009 dan 2009-2014.

Waktu itu, Usmardi Thareb dikenal sebagai anggota dewan yang kritis terhadap kebijakan Pemerintah Kota Padang, meski Walikota Fauzi Bahar merupakan Ketua DPD PAN Kota Padang.

Kareran aturan internal di tubuh PAN waktu itu hanya boleh menjabat 2 periode di DPRD pada tingkatan yang sama, Ketua DPD PAN Kota Padang Fauzi Bahar tidak lagi mencalonkan Usmardi Thareb pada pemilu 2014.

Namun pada pemilu 2024 ini, Usmardi Thareb kembali turun gunung meski hanya mendapat nomor urut buncit, ia mampu membuktikan diri sebagai politisi tangguh di Kuranji.

Pewarta: Zamri Yahya

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »