Ironi Dapil Kota Padang 3: Tiga Caleg Incumbent Tumbang, PKS 'Tabali' Kursi Mahal, PPP Tak Lolos ke DPRD Kota Padang

Ironi Dapil Kota Padang 3: Tiga Caleg Incumbent Tumbang, PKS 'Tabali' Kursi Mahal, PPP Tak Lolos ke DPRD Kota Padang
Tiga orang calon anggota DPRD Kota Padang yang berstatus 'incumbent'  terpaksa harus ikhlas dan sabar tidak terpilih lagi pada pemilu, Rabu, 14 Februari 2024.
BENTENGSUMBAR.COM
- Tiga orang calon anggota DPRD Kota Padang yang berstatus 'incumbent'  terpaksa harus ikhlas dan sabar tidak terpilih lagi pada pemilu, Rabu, 14 Februari 2024 dari daerah pemilihan Kota Padang 3, yang terdiri dari Kecamatan Pauh dan Lubuk Kilangan (Luki)

Jumlah kursi yang diperebutkan di dapil Kota Padang 3 tersebut hanya berjumlah 6 kursi, sementara caleg incumbent yang maju kembali di Pemilu 2024 sebanyak 7 orang.

Para caleg petahana itu adalah Rafdi, Edmon, Donal Ardi, Surya Jufri Bitel, Miswar Jambak, Nila Kartika dan Dasman.

Namun, tiga orang dari caleg petahana tersebut terpaksa gigit jari karena gagal meraih suara yang cukup untuk mengantarkan mereka berkantor kembali di gedung baru DPRD Kota Padang yang terletak di pusat pemerintahan Air Pacah.

Tiga orang caleg petahana yang gagal menempati kembali gedung mewah tersebut adalah Edmon, Nila Kartika dan Dasman.

Merujuk hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di dua kecamatan itu, H. Edmon kalah suara dari Rafdi di Partai Keadilan Sejahtera. Rafdi berhasil meraup 5.142 suara.

Sedangkan H. Edmon hanya berhasil meraup 4.371 suara dari pemilih PKS. Edmon meraup suara terbesar di Kecamatan Lubuk Kilangan, yaitu 3.506 suara dan di Kecamatan Pauh cuma 865 suara.

Sementara itu Rafdi, meraup suara terbesar di Kecamatan Pauh, yaitu 4.547 suara dan di Luki cuma meraih 595 suara.

Total suara PKS di kedua kecamatan itu adalah 13.208 suara, namun hanya mampu mengantarkan satu kadernya untuk duduk di DPRD Sumbar. Artinya, PKS 'tabali' kursi mahal di Dapil Kota Padang 3.

Partai Demokrat harus rela kehilangan satu kursi di dapil Kota Padang 3 tersebut, karena dari dua caleg petahana yang maju di dapil tersebut, yaitu Nila Kartika dan Surya Jufri Bitel, gagal mendongkrak suara Partai Demokrat.

Ironisnya, Partai Demokrat hanya mampu meraup 8.171 suara dan suara terbanyak diraih Surya Jufri Bital, yaitu 3.782 suara. 

Nasib tragis dialami caleg petahana dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Dasman. Gara-gara partainya kalah suara, dia gagal berkantor kembali di gedung mewah ber-AC dingin DPRD Kota Padang.

Berbeda dengan Dasman, caleg petahana dari Partai Gerindra Donal Ardi dan Partai Golkar Miswar Jambak, kembali tersenyum manis karena melenggang ke kursi DPRD Kota Padang untuk periode 2024-2029. 

Keduanya meraih suara tertinggi di Partai Gerindra dan Golkar yang mempereloh kursi di dapil Kota Padang 3, di mana Donal Ardi meraup 4.988 suara dari total 8.689 suara Gerindra dan Miswar Jambak meraup 2.033 suara dari total raihan 4.786 suara Partai Golkar. (BY)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »