Hanya 3 Orang Petahana yang Bertahan di Dapil Kota Padang 5, Amri Amin Raih Suara Terbanyak, PAN Gagal Raih 2 Kursi

Hanya 3 Orang Petahana yang Bertahan di Dapil Kota Padang 5, Amri Amin Raih Suara Terbanyak, PAN Gagal Raih 2 Kursi
Caleg petahana Amril Amin dengan raihan suara pribadi 6.020 suara dari total raihan 11.883 suara PAN.
BENTENGSUMBAR.COM
- Sebanyak 5 orang petahana kembali mengadu peruntungan di daerah pemilihan Kota Padang 5 untuk lolos ke DPRD Kota Padang periode 2024-2029 pada pemilu, Rabu, 14 Februari 2024 kemaren.

Kelimanya adalah Amril Amin dan Irawai Meuraksa dari Partai Amanat Nasional, Helmi Moesim dari partai Golkar, Christian Rudy Kurniawan Sutiono dari PDIP dan Boby Rustam dari Partai Gerindra 

Pada pemilu 2019, merujuk hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara di  kecamatan Padang Utara dan Padang Selatan yang menjadi wilayah dapil Kota Padang 5, PAN berhasil meraih 2 kursi di dapil ini dengan mendudukan dua orang kader terbaiknya, yaitu Amril Amin dan Irawati Meuraksa.

Namun pada pemilu 2024 ini, PAN hanya mampu mendudukan satu orang kadernya, yaitu Amril Amin dengan raihan suara pribadi 6.020 suara dari total raihan  11.883 suara PAN.

Keberuntungan selalu berpihak kepada caleg petahana Helmi Moesim. Pasalnya, dari partai mana pun dia mencalonkan diri, ia selalu berhasil mempertahankan kursi empuknya di DPRD Kota Padang.

Pada pemilu 2014 lalu, Helmi Moesim mencalonkan diri dari Partai Golkar berhasil terpilih. Namun pada pemilu 2019, Helmi Moesim terpaksa hijran ke Partai Berkarya tapi tetap berhasil duduk di DPRD Kota Padang. 

Dan pada pemilu 2024 ini, ia mencalonkan diri dari Partai Golkar, dan berhasil terpilih kembali. Helmi Moesim berhasil meraup 3.814 suara dari 6.341 suara pemilih Partai Golkar.

Sementara itu, Caleg petahana dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Christian Rudy Kurniawan Sutiono mampu bertahan dan menyakinkan pemilihnya.

Rudy berhasil meraup 2.306 suara dari total 5.505 suara pemilih PDIP di dapil Kota Padang 5.

Nasib tragis dialami caleg petahana dari partai Gerindra, Boby Rustam. Ia harus merelakan kursi empuknya di DPRD Kota Padang kepada sejawatnya Rachmat Wijaya.

Meski keluar sebagai pemenang di dapil Kota Padang 5 dengan raihan 12.065 suara, Partai Gerinda hanya mampu mendudukan satu orang kader terbaiknya, yaitu Rachmat Wijaya dengan raihan suara pribadi 4.948 suara. 

Meski demikian, hasil pastinya tetap harus menunggu pleno ditingkat KPU Kota Padang. Jadi harus bersabar ya! Orang sabar dan mensucikan diri dicintai Allah, "Innallah ma'asyobirin wa muthothohirin." (BY)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »