NasDem dan PKS Nikmati Pergeseran Pilihan Porpol di Kota Padang, Ini Temuan Survey POLSTRA

NasDem dan PKS Nikmati Pergeseran Pilihan Porpol di Kota Padang, Ini Temuan Survey POLSTRA
Survey POLSTRA Research & Consulting mengungkap, mayoritas pemilih Kota Padang yaitu sebesar 47,8% memilih Pasangan Anies-Muhaimin, disusul pasangan Prabowo-Gibran 23,7% dan Ganjar-Mahfud 2,9%. 

BENTENGSUMBAR.COM - Pengaruh usungan partai politik kepada calon presiden dan wakil presiden dirasakan di Kota Padang. 


Setidaknya ini terlihat dari pergeseran pilihan partai politik di Kota Padang pada pemilu 2019 menjelang Pemilu 2024, berdasarkan survey yang dilakukan oleh POLSTRA Research & Consulting pada 08-13 Desember 2023.


"Kami melihat ada pergeseran pilihan partai politik di Kota Padang pada pemilu 2019 menjelang Pemilu 2024," ungkap Yovaldri Riki, Direktur Eksekutif POLSTRA Research & Consulting, melalui pernyataan tertulis yang diterima BentengSumbar.com, Kamis, 4 Januari 2024. 


Dimana, jelas Yovaldri, 12,7% dari totall pemilih Partai Gerindra pada Pemilu 2019 berpindah memilih partai Nasdem.


Selain itu, 10,2% pemilih Partai Gerindra pemilu 2019 berpindah memilih partai PKS menjelang pemilu tahun 2024. 


"Besar kemungkinan kondisi ini diakibatkan oleh pengaruh dukungan Partai Politik terhadap Pasangan Capres-Cawapres pada pemilu tahun 2024," tukuknya. 


Meski demikian, katanya lagi, Partai Gerindra tetap menjadi partai dominan yang dipilih oleh masyarakat Kota Padang yaitu 17,2%.


Kemudian disusul oleh PKS 12,9%. Partai Nasdem 8,2%, PAN 5,9%, Demokrat 4,9% dan Golkar 3%. Partai lainnya dibawah 2%. 


Ia menjelaskan, mayoritas pemilih Kota Padang yaitu sebesar 47,8% memilih Pasangan Anies-Muhaimin, disusul pasangan Prabowo-Gibran 23,7% dan Ganjar-Mahfud 2,9%. 


Survey itu juga mengungkap, Split Ticket Voting, yaitu kondisi dimana dukungan terhadap Capres/Cawapres tidak linier dengan pilihan terhadap partai politik. 


"Dalam survey ini kami menemukan kecenderungan Split Ticket Voting yang cukup tinggi di Kota Padang terutama pada dukungan Prabowo-Gibran, dimana mayoritas pemilih partai politik pendukung Prabowo-Gibran cenderung memilih pasangan Anies-Muhaimin, hanya pemilih Gerindra yang masih dominan solid mendukung Prabowo-Gibran," urainya. 


"Analisa kami, tampaknya soliditas parpol pendukung Prabowo-Gibran di Kota Padang hanya "diatas kertas", ada kecenderungan mesin parpol lainnya tidak bergerak selain mesin parpol Gerindra," jelasnya. 


Kondisi yang sama, tutur Yovaldri Riki, terlihat pada parpol pendukung Ganjar- Mahfud, hanya pemilih PDI-Perjuangan yang solid mendukung Ganjar-Mahfud, pemilih Hanura dan PPP juga tampak dominan mendukung Anies-Muhaimin. 


Survey ini dilakukan secara tatap muka, dengan jumlah sampel 820 responden.


Dimana dengan jumlah sampel tersebut terdapat margin Of Error (MOE) 3,4% dengan Level Of Convidence (LoC) 95%. 


Penarikan sampel menggunakan metode Multistage Random Sampling dimana responden dipilih secara proposional tersebar di 11 Kecamatan di Kota Padang. (BY)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »