Tifatul Sembiring Sebut Polling Iwan Fals Lebih Jujur daripada Survei, Berapa Suara AMIN?

Tifatul Sembiring Sebut Polling Iwan Fals Lebih Jujur daripada Survei, Berapa Suara AMIN?
Anggota DPR RI Fraksi PKS Tifatul Sembiring menyebut polling yang dilakukan Iwan Fals lebih jujur daripada survei di lembaga survei.
BENTENGSUMBAR.COM
- Anggota DPR RI Fraksi PKS Tifatul Sembiring menyebut polling yang dilakukan Iwan Fals terhadap pasangan calon (paslon) nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), paslon nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dan paslon nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD lebih jujur daripada survei di lembaga survei.

Tifatul Sembiring menunjukkan elektabilitas AMIN, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud dalam polling yang dilakukan Iwan Fals melalui akun X pribadinya dengan diikuti 36 ribu lebih warganet setelah debat perdana capres, (12/12/2023).

"Polling Iwan Fals: Anies-Muhaimin 76,9%, Prabowo-Gibran 6,6 Ganjar-Mahfud 10,7%. Ini kayaknya lebih jujur dan lebih jelas, ketimbang survei-survei bayaran itu. Wani piro. Ayo OI... maenkan...," ungkapnya dikutip populis.id dari akun X pribadinya, Kamis (21/12).

Sementara itu, dalam jejak pendapat Litbang Kompas Desember 2023 menunjukkan paslon nomor urut dua dari Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berada di posisi puncak.

Prabowo Subianto dan Gibran meraih elektabilitas 39,3 persen dalam survei yang digelar pada 29 November hingga 4 Desember 2023 itu. 

“Pasangan Prabowo-Gibran unggul di hampir semua kategori sosio-demografis responden,” tulis peneliti Litbang Kompas Bambang Setiawan, dikutip dari Harian Kompas, Senin (11/12/2023).

Bambang mengatakan Prabowo-Gibran unggul pada pemilih perkotaan dan perdesaan dari laki-laki maupun perempuan. “Suara untuk Prabowo-Gibran juga lebih tinggi pada hampir semua kelompok pemeluk agama,” tulis Bambang.

Kemudian posisi kedua adalah paslon nomor urut satu dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) dengan suara 16,7 persen, lalu disusul paslon nomor urut tiga dari PDIP Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan 15,3 persen.

Survei pada Litbang Kompas dilakukan dengan 1.364 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia.

Tingkat kepercayaan dalam metode tersebut 95 persen dengan margin of error lebih kurang 2,65 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana serta dibiayai sepenuhnya oleh Harian Kompas.

Sumber: Populis 

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »