Tanggapi Anies Baswedan, Partai Demokrat: Orang yang Tak Punya Komitmen dan Etika

Tanggapi Anies Baswedan, Partai Demokrat: Orang yang Tak Punya Komitmen dan Etika
Juru bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, justru Anies orang yang tak punya komitmen dan etika.
BENTENGSUMBAR.COM
- Partai Demokrat membalas komentar calon presiden nomor urut satu Anies Baswedan soal pernyataan ndasmu etik dari capres nomor urut 2 Prabowo Subianto. 

Juru bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan, justru Anies orang yang tak punya komitmen dan etika.

"Pak Prabowo dan Mas AHY itu dikhianati oleh orang yang sama (Anies). Orang yang tidak punya komitmen dan tidak punya etika," kata dia saat dihubungi, Senin, 18 Desember 2023.

Sebelumnya, Sekretaris Tim Kampanye Nasional atau TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid menyinggung tindakan dan pernyataan Anies yang tak relevan ihwal etik. Nusron menyinggung jejak Anies, di mana batalnya AHY jadi bakal calon wakil presiden Koalisi Perubahan, padahal sebelumnya sudah bersalaman.

"Tiba-tiba lompat lagi juga. Ini masalah etika," ucapnya. Sebelumnya diketahui Partai Demokrat ada di kubu Koalisi Perubahan. Mereka saat itu mengklaim Anies akan menggandeng AHY sebagai bakal cawapres, namun di hari menjelang pendaftaran, Partai NasDem memilih Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar sebagai bacawapresnya.

Partai Demokrat kemudian meninggalkan Koalisi Perubahan dan bergabung ke Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Prabowo-Gibran.

Sehingga kata Herzaky, pihaknya heran dan merasa sungguh luar biasa karena Anies mengajari koalisinya tentang etik. "Orang yang ingkar dengan komitmen, tidak bisa dipercaya," kata dia.

Herzaky mengatakan pihaknya sebetulnya enggan membahas peristiwa lama, hanya menurutnya, dia perlu menjelaskan karena ada upaya mengaburkan fakta.

"Tidak mau lagi bahas-bahas tentang si mantan. Hanya karena masih ada upaya mengaburkan fakta dan memutarbalikkan pengkhianatan yang dilakukan si mantan, kami terpaksa harus sampaikan dan buka kembali fakta ini," kata dia.

Seperti diketahui pernyataan Prabowo soal ndasmu etik di acara internal Partai Gerindra bocor lewat video viral di media sosial.

Dalam video singkat itu, calon presiden nomor urut dua tersebut terlihat menirukan perkataan kompetitornya, Anies Baswedan, saat debat capres Selasa pekan lalu.

“Bagaimana perasaan Mas Prabowo, soal etik? Etik? Etik?” kata Prabowo menirukan Anies sambil menggoyang-goyangkan kepalanya.

“Ndasmu etik,” ujar Prabowo kemudian. Ucapan itu lantas disambut riuh tepuk tangan para peserta Rakornas. Mereka juga mengelu-elukan nama Prabowo setelah pernyataan tersebut.

Anies yang ditanya wartawan seputar pernyataan Prabowo itu mengatakan jika etika memang dimulai dari kepala atau endas dalam bahasa Jawa.

Ia mengatakan jika kepala tidak memiliki etika, apalagi bagian yang di bawahnya. Hal tersebut disampaikan saat kampanye ke Morowali, Sulawesi Tengah, Senin, 18 Desember 2023.

Sumber: Tempo.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »