Pengungsi Rohingya Mendarat di Aceh Timur Bertambah Lagi Jadi 50 Orang, UNHCR Belum Terlihat

Pengungsi Rohingya Mendarat di Aceh Timur Bertambah Lagi Jadi 50 Orang, UNHCR Belum Terlihat
Pengungsi Rohingya yang mendarat di Aceh Timur kini bertambah menjadi 50 orang, keseluruhannya laki-laki.
BENTENGSUMBAR.COM
- Pengungsi Rohingya yang mendarat di Aceh Timur kini bertambah menjadi 50 orang, keseluruhannya laki-laki.

Namun pihak United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) sampai saat ini belum terlihat di lokasi, Kamis (14/12/2023).

Camat Darul Aman, Azani menjelaskan dari tadi malam sampai siang ini pihak UNHCR belum terlihat di lokasi para Rohingya ditampung sementara.

"Belum terlihat, dan saya juga tidak tersambung dengan pihak UNHCR sampai saat ini," tuturnya.

Amatan Serambinews.com, jumlah etnis Rohingya awalnya 37 orang kemudian bertambah menjadi 49, saat ini bertambah jadi 50 orang, satu orang terakhir di bawa ke TPI setelah diminta keterangan petugas keamanan.

Saat ini para pengungsi Rohingya masih berada di TPI Idi Cut, Gampong Seneubok Baroh, Kecamatan Darul Aman Aceh Timur.

Beri Batas Waktu Hingga Sore Ini

Warga Desa Seneubok Baroh Kecamatan Darul Aman, Aceh Timur meminta pengungsi Rohingya segera dipindahkan dari TPI Idi Cut, Kamis (14/12/2023).

Sekretaris Gampong (Desa) Seneubok Baroh, Munzir menerangkan pihaknya tidak sanggup menampung para pengungsi Rohingya ini.

"Kami sudah menyampaikan kepada pihak Kecamatan untuk segara memindahkan jangan disini, bukan tidak manusiawi tapi karena tidak ada tempat penampungan disini," ujarnya kepada Serambinews.com.

Ia melanjutkan pihak Gampong memberi estimasi waktu hingga sore hari ini untuk pengungsi Rohingya yang berada di Gampong Seneubok Baroh.

"Kami beri waktu sampai sore disini setelah itu tolong di pindahkan," tuturnya.

Sementara itu Camat Darul Aman, Azani membenarkan bahwa warga telah menyampaikan hal itu kepadanya.

"Ini saya sedang menyampaikan hal tersebut kepada Pj Bupati Aceh Timur dan Kesbangpol terkait bagaimana tindakan selanjutnya," ucap Azani.

Sebelumnya, sebanyak 49 pengungsi Rohingya kembali mendarat di Aceh Timur tepatnya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Idi, Gampong Senuebok Baroh, Kecamatan Darul Aman, Aceh Timur, Kamis (14/12/2023).

Camat Darul Aman, Azani SE menerangkan awalnya etnis Rohingya ditemukan 37 orang secara terpisah sebagian di TPI.

Namun sebagian lagi di temukan di beberapa Gampong terdekat.

"Sebagian di TPI Gampong Senuebok Baroh, sebagian di pesisir Gampong terdekat kemudian mereka dikumpulkan ke TPI Idi Rayeuk, saat ini 49 orang udah disini, gak tau kita apakah masih ada di laut atau engga," ujarnya.

Amatan Serambinews.com di lokasi, 49 etnis Rohingya itu keseluruhannya laki-laki, pihak perangkat Kecamatan setempat sedang melakukan pendataan terhadap para etnis Rohingya itu.

Terlihat mereka basah kuyup, dan semua barang bawaannya yang dibawa juga ikut basah.

Garis polisi juga telah terpasang di lokasi, sebagai pembatas kepada mereka dengan warga sekitar yang datang untuk melihat.

Sementara itu, Sekretaris Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh Timur Drs Syamsul Bahri menerangkan pihaknya mendapat informasi dari warga bahwa etnis Rohingya sudah ada di TPI Idi sekitar pukul 5:30 WIB.

Sumber: Serambinews

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »