Irwan Basir Datuk Rajo Alam Berduka, Seniman Minang asal Kuranji Am KLB Meninggal Dunia

Irwan Basir Datuk Rajo Alam Berduka, Seniman Minang asal Kuranji Am KLB Meninggal Dunia
Amril yang lebih dikenal dengan nama Am KLB meninggal dunia pada Minggu malam 17/12/2023.
BENTENGSUMBAR.COM
- Seniman kondang Pencipta sekaligus penyanyi lagu Minang, Amril yang lebih dikenal dengan nama Am KLB meninggal dunia pada Minggu malam 17/12/2023.

Pelepasan jenazah Am KLB dilaksanakan pada senin siang 18/12/2023 dari rumah duka Jl. Raya Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang. 

Ketua MPA KAN Pauh IX Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM., yang melepas keberangkatan jenazah almarhum merasa kehilangan dengan sosok seniman yang sangat ramah ini.

Dalam sambutannya, ninik mamak Kuranji ini mengatakan, sesungguhnya kehidupan dan kematian itu sudah ditentukan oleh Sang Pencipta. 

Akhir dari kehidupan adalah kematian dan itu akan ditempuh oleh setiap makhluk yang ada di atas dunia ini.

"Innaillahi wa Innaillahi Rajiuun. Sesungguhnya kita semua datang dari Allah dan akan kembali kepada Allah. Kematian adalah akhir dari perjalanan hidup kita di atas dunia. Apa yang ada di depan kita ini, suatu saat nanti juga akan kita alami. Hari ini kita yang datang ke rumah duka ini, mungkin besok orang yang akan datang melayat ke rumah kita. Kapan masanya, hanyalah Allah yang mengetahuinya," ucap Irwan Basir.

Lebih lanjut disampaikan, karena kematian adalah pasti bagi setiap yang bernyawa.

"Maka jadikanlah kematian itu suatu pengingat dalam kehidupan di atas dunia kalau kita tidak selamanya menghuni alam dunia ini. Ada saatnya kita meninggalkannya," ujarnya.

"Wakafabilmauti wa idzho. Cukup kematian itu menjadi pengingat bagi manusia. Jadi pelajaran bagi kita kalau suatu saat nanti kita juga akan mati. Dan persiapkan diri kita terhadap bekal yang akan kita bawa nantinya yaitu dengan memperbanyak amal ibadah selama kita diberi kehidupan di atas dunia ini," pesan penghulu suku jambak ini lagi.

Irwan Basir juga menyampaikan permohonan maaf atas segala kesalahan almarhum dan mengingatkan kepada seluruh anak almarhum untuk selalu mendoakan orang tuanya.

" Almarhum hidup sudah 64 tahun dan bergaul dengan kita. Selama itu tentu ada kesalahan yang telah diperbuat. Untuk itu kewajiban kita memaafkannya. Kepada seluruh anak, untuk selalu mendoakan orang tuanya, karena doa seorang anak yang shaleh telah dijanjikan oleh Allah sebagai amalan yang tak pernah putus walau dia sudah meninggal," ujar penghulu suku Jambak ini lagi.

Almarhum Am KLB meninggal dalam usia 64 tahun dan  meninggalkan 6 orang anak. Semasa  hidupnya almarhum dikenal sebagai seniman pencipta lagu minang dan sudah menciptakan puluhan lagu minang diantaranya Bayang Kasih di Malaysia, Bancano Bukik Lantiak, Taisak Tangih di Batu Gadang dan banyak lainnya.

Turut melayat tokoh masyarakat Pauh IX, diantaranya Zulhendri Ismet, Muhardi Chan dan ninik mamak dari suku Caniago dan dari kalangan kawan-kawan almarhum para seniman pencipta lagu minang diantaranya, Syamsir Pulungan (pencipta lagu Ratok Pasaman), Nover T dan seniman lainnya. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »