Dihadiri 500 Orang Peserta, KPU Sumbar Gelar Sosialisasi Bagi Kelompok Disabilitas

Dihadiri 500 Orang Peserta, KPU Sumbar Gelar Sosialisasi Bagi Kelompok Disabilitas
Ketua KPU Sumbar Surya Efitrimen membuka sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Pemilu 2024 bagi kelompok penyandang disabilitas se Sumatera Barat.
BENTENGSUMBAR.COM
- Komisi Pemilihan Umum Provinsi Sumatera Barat menggelar sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Pemilu 2024 bagi kelompok penyandang disabilitas se Sumatera Barat, Selasa, 26 Desember 2023.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Sumbar Surya Efitrimen dan dihadiri oleh Komisioner serta Sekretariat KPU Sumbar.

"Alhamdulillah, hari ini kita dapat melaksanakan sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Pemilu 2024 bagi kelompok penyandang disabilitas se Sumatera Barat," ungkap Surya Efitrimen.

Dikatakannya, kegiatan tersebut merupakan aspirasi dari Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perkumpulan Penyandang Disabilitas (PPDI) Sumbar dan diikuti oleh 500 orang peserta. 

"Acara ini terselenggara atas usulan saudara Ebnovrio Hanesty, selaku Ketua PPDI ke Komisioner KPU Sumbar Jons Madeni. Ini adalah sosialisai yang kita gelar dengan peserta terbanyak," cakapnya. 

Dikatakannya, total pemilih penyandang disabilitas dengan berbagai kategori di Sumbar sekitar 31.864 orang pemilih dari total 4.088.606 orang pemilih Sumatera Barat.

"Sebagai pemilih, KPU memberikan hak yang sama dengan pemilih lainnya, termasuk aksesbilitas kepada pemilih. TPS yang dipersiapkan ramah disabilitas, sehingga bisa diakses," katanya.

Termasuk surat suara pemilihan presiden dan DPD RI, bagi penyandang disabilitas diberikan surat suara khusus.

Menurutnya, di Tempat Pemungutan Suara (TPS), KPU juga menyendiakan pendamping bagi pemilih penyandang disabilitas.

"Namun, pemilih penyandang disabilitas juga boleh didampingi oleh pendamping yang dipercaya saat memberikan hak suara," cakapnya.

Narasumber kegiatan tersebut, selain dari KPU Sumbar Jons Madeni, juga berasl dari PPDI Sumbar, yaitu Abraham dan Ombusman Sumbar Reza Kurniawan.

"Semoga kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih ini berjalan dengan baik, dan dapat memberikan edukasi kepada kelompok disabilitas," cakap Surya Efitrimen. (BY)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »