Pengamat Komunikasi Unand Kritik Pemprov Sumbar: Media Jangan Hanya Disuguhi Relis Berita

Pengamat Komunikasi Unand Kritik Pemprov Sumbar: Media Jangan Hanya Disuguhi Relis Berita
Pakar Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas, Ilham Adelano Azre, S. IP, MA.
BENTENGSUMBAR.COM
- Pakar Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas, Ilham Adelano Azre, S. IP, MA., mengkritik relasi hubungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan media.

Kritik itu dia lontarkan ketika menjadi narasumber pada kegiatan "Menjaring isu-isu strategis dan merumuskan bentuk pengelolaan komunikasi publik pemerintah daerah," yang digelar oleh Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Sumatera Barat, Sabtu, 25 November 2023, bertempat di aula Bappeda Provinsi Sumatera Barat.

Ia melihat, selama ini media hanya disuguhi berita relis dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terkait kegiatan pemerintah daerah.

"Media jangan hanya disuguhi relis berita saja, tetapi seharusnya wartawan dari media itu juga diajak meliput kegiatan di lapangan," tegasnya.

Ia menceritakan pengalamannya mengikuti kegiatan safari ramadhan Pemprov Sumbar dimana pada kegiatan itu tak satu pun wartawan yang diajak.

"Kalau wartawan diajak, tentu akan dapat feelnya. Wartawan akan tahu suasana hati masyarakat dalam menyambut rombongan tim safari ramadan itu, bagaimana pula sambutan kepala daerah dan wali nagari," cakapnya.

Hal itu, katanya, tidak akan didapati dalam relis berita yang dikirim pemprov ke media. Sehingga pemberitaan hanya berdasarkan relis yang dikeluarkan pemprov.

Apatah lagi, di dunia digital saat ini, peredaran informasi sangat cepat. Adanya aplikasi Tiktok segala macam, membuat masyatakat bebas berkonten. Namun, validasinya belum bisa dipertanggungjawabkan.

"Validasi inilah tugas dari wartawan. Mengkonfirmasi informasi yang ada ke narasumber berkompeten, sehingga masyarakat disuguhi berita yang sudah tervalidasi," cakapnya.

Kepala Diskominfotik Sumbar Siti Aisyah berterimakasih atas masukan yang diberikan, baik dari narasumber maupun dari pemimpin redaksi media cetak, elektronik dan siber yang hadir.

"Kritik dan masukan ini kita jadikan bahan evaluasi untuk perbaikan kedepannya. Terimakasih atas kritik dan masukannya," ungkapnya. (BY)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »