Disdikbud Promosikan Budaya Kota Padang ke Even Nasional, Tari Buai Buai Pauh Pukau Penonton di COCF dan INACRAF

Disdikbud Promosikan Budaya Kota Padang ke Even Nasional, Tari Buai Buai Pauh Pukau Penonton di COCF dan INACRAF
Penampilan Tari Buai Buai asal Pauh - Kuranji Kota Padang di even COCF dan INACRAF pada bulan oktober 2023 yang lalu di Jakarta. 
BENTENGSUMBAR.COM
- Kota Padang sebagai ibukot Provinsi Sumatera Barat memiliki berbagai potensi budaya yang tak kalah menarik dengan daerah lain.

Sebagai ibukota provinsi, kota Padang fokus mengali menumbuh mengembangkan dan melestarikan serta memberdayakan produk kebudayaan tersebut sebagai potensi daerah. 

Salah satu kesenian khas kota Padang adalah tari buai buai. Tari yang tumbuh serta berkembang di kawasan Kecamatan Pauh dan Kuranji ini tampilkan pada dua even promosi berkelas nasional yaitu even COCF dan INACRAF pada bulan oktober 2023 yang lalu di Jakarta. 

Pada even COCF sebagai even promosi wisata budaya berlabel nasional dalam bentuk produk pertunjunkan seni yang dilaksanakan di Kota Tua Jakarta. 

Penampilan kelompok parewa Limo Suku menampilkan kreasi Tari Buai Buai mampu memukau penonton dan mendapat apresiasi dari penyuka seni pertunjukan. 

“Ini membuktikan karya budaya kota Padang memiliki kualitas yang bersaing dan di terima oleh masyarakat nasional dan internasional. Tentu produk pertunjukan budaya khas padang ini akan di kemas dan di jadikan daya Tarik kunjungan di kawasan wisata unggulan di kota Padang,” terang Syamdani, Kabid kebudayaan kota Padang melalui Marthavani selaku kasi di bidang kebudayaan kota Padang. 

Kegiatan promosi budaya ini merupakan program bidang kebudayaan dinas pendidikan dan kebudayaan kota Padang mengapresiasi kelompok seni dan budaya yang produktif melestarikan warisan budaya. 

“Sebagai dinas yang bertangung jawab dalam bidang kebudayaan, program ini di konsep bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada kelompok yang produktif aktif di kota Padang melestarikan seni budaya serta sebagai media promosi kota Padang terkhusus di bidang kebudayaan ke daerah lain dan level nasional,” ungkap Marthavani. 

Even COCF sendiri merupakan even yang di gagas oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta menampilkan produk produk unggulan kebudayaan terkhusus di bidang seni tradisi khas di setiap daerah di Indonesia. 

Gelaran even yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2023 ini diikuti 16 perwakilan daerah se Indonesia. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »