Survei LSI: Prabowo-Gibran 36%, Ganjar-Mahfud 33,1%, Anies-Cak imin 23,5%

Survei LSI: Prabowo-Gibran 36%, Ganjar-Mahfud 33,1%, Anies-Cak imin 23,5%
Capres Partai Gerindra dan Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto dan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka. (Kolase Foto).
BENTENGSUMBAR.COM
- Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis survei salah satunya terkait elektabilitas 3 pasang calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang masuk bursa Pilpres 2024.

Survei menunjukkan Prabowo Subianto unggul dipasangkan dengan cawapres mana pun.
Survei dilakukan pada 2-8 Oktober 2023 terhadap 1.620 responden. Target populasi survei WNI berusia 17 tahun atau sudah menikah.

Survei dilakukan sebelum pendaftaran calon presiden dan calon wakil presiden. Survei juga dilakukan sebelum putusan Mahkamah Konstitusi terkait batas usia capres-cawapres.

Pemilihan sampel dilakukan melalui multistage random sampling. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random 20% dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan pewawancara yang terlatih. Margin of error ±2,5% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Peneliti LSI Djayadi Hanan memaparkan simulasi 3 pasang capres dan cawapres. Hasilnya, Prabowo ungguli Ganjar dan Anies, baik itu dipasangkan dengan Erick Thohir, Khofifah Indar Parawansa maupun Gibran Rakabuming Raka.

Djayadi menyebut bila Prabowo dipasangkan dengan Erick Thohir unggul signifikan dari pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Sementara Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di posisi ketiga di angka 22,9%.

"Kalau yang dipilih oleh Prabowo adalah Gibran sebagai cawapres lagi-lagi ini sebelum keputusan MK ya, sebelum dipahami, situasi sebelum keputusan MK, kalau yang dipilih Gibran, maka sama dengan Khofifah, posisi Prabowo di angka 36% berhadapan dengan Ganjar-Mahfud di angka 33," kata Djayadi saat pemaparan, Kamis (19/10/2023).

"Lalu Anies di angka 23,5% jadi secara umum, siapa pun yang dipilih oleh Prabowo itu dia tetap cenderung unggul tipis dengan Ganjar Mahfud dan AMIN, tapi keunggulannya cukup signifikan kalau Prabowo memilih Erick sebagai cawapresnya kalau berdasarkan simulasi ini, lagi-lagi kita belum memperhitungkan reaksi publik terhadap putusan MK, bisa saja angka-angka ini berubah kalau kita melakukan survei setelah putusan MK," imbuhnya.

Berikut elektabilitas 3 pasangan capres dan cawapres versi survei LSI:

-Prabowo Subianto-Erick Thohir 38%
-Ganjar Pranowo-Mahfud Md 32,3%
-Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 22,9%
TT/TJ: 6,9%

-Prabowo Subianto-Khofifah 36,3%
-Ganjar Pranowo-Mahfud Md 33%
-Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 23,4%
TT/TJ: 7,3%

-Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 36%
-Ganjar Pranowo-Mahfud Md 33,1%
-Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 23,5%
TT/TJ: 7,4%

Sumber: detikcom

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »