284 Warga Kota Pariaman Ikuti Sosialisasi Program Kartu Prakerja dan Indonesia Skill Week

284 Warga Kota Pariaman Ikuti Sosialisasi Program Kartu Prakerja dan Indonesia Skill Week
Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan bahwa kartu prakerja di Kota Pariaman Sangat berdampak positif.
BENTENGSUMBAR.COM
- Sebanyak 284 orang warga Kota Pariaman ikuti Sosialisasi Program Kartu Prakerja dan Indonesia Skill Week di Pandopo Rumah Dinas Walikota Pariaman, Selasa (3/10).

Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan bahwa kartu prakerja di Kota Pariaman Sangat berdampak positif, ketika terjadi pandemi covid-19, tawaran dari pemerintah pusat kepada masyarakat langsung untuk kartu prakerja dengan masyarakat mendaftar untuk bidang skill yang diperlukan mereka.

“Saya yakin program ini sangat berhasil bagi Kota Pariaman, dengan ide-ide dari kartu prakerja ini kita juga mengembangkan program lainnya, sehingga kami juga melakukan kerjasama beberapa industri”, ujarnya.

Disamping mereka mendapatkan skill, lanjut Genius mereka juga mendapatkan modal untuk melakukan bisnis baru sehingga ada 8.034 orang warga Kota Pariaman yang dilatih oleh kartu prakerja.

“Prakerja ini lebih memudahkan dengan mendaftar online secara mandiri dan skill yang dipilih sesuai dengan kemampuannya serta tidak memerlukan waktu khusus untuk melakukan pelatihan”, ulasnya.

Genius juga menjelaskan bahwa penerima kartu prakerja di Kota Pariaman tercatat dari tahun 2020 sampai tahun 2022 terdapat sebanyak 8.034 orang warga Kota Pariaman sebagai penerima manfaat kartu parkerja dengan rincian Kecamatan Pariaman Tengah 2.944, Kecamatan Pariaman Utara 1.963, Kecamatan Pariaman Timur 1.738, Kecamatan Pariaman Selatan 1.398.

”Kita juga menginginkan kartu prakerja ini disandingkan dengan pemerintah daerah apa yang belum ada di kartu prakerja dibackup oleh pemerintah daerah, sehingga program ini lebih efektif dan pemuda di Kota Pariaman tidak ada yang menganggur”, tutupnya.

Direktur Pemantauan dan Evaluasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP) Menteri Perekonomian, Cahyo Prihadi menuturkan bahwa kartu prakerja hadir pada tahun 2020 yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi produktifitas, daya saing dan mengembangkan kewirausahaan angaktan kerja.

“Program ini hadir untuk semua angkatan kerja di Indonesia tanpa kecuali dengan usia dari 18 smpai 64 tahun”, sebutnya.

Cahyo Prihadi menambahkan bahwa prakerja saat ini sudah mencapai 17,4 juta penerima dari 514 kabupaten/kota se Indonesia yang menerima program katu prakerja.

“Kita berharap dari prakerja ini dapat meningkatkan kompetensi angkatan kerja dan bisa membuka usaha sendri untuk menekan angka kemiskinan di Kota Pariaman”, harapnya (ka/at)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »