Wako Hendri Septa Lantik Arfian Sebagai Inspektur Kota Padang

BENTENGSUMBAR.COM - Wali Kota Padang Hendri Septa secara resmi melantik Arfian sebagai Inspektur Kota Padang. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan berdasarkan SK Wali Kota Padang No. 339 itu dilangsungkan di Gedung Bagindo Aziz Chan Kantor Balai Kota Aie Pacah, Senin (17/7/2023) pagi.

Seperti diketahui, Arfian yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Padang kini menempati jabatan baru sebagai Inspektur Kota Padang menggantikan Syuhandra yang mengalami masa pensiun dalam dua bulan belakangan.

Wako Hendri Septa mengungkapkan, pelantikan ini telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan telah mendapatkan pertimbangan dari panitia seleksi jabatan pimpinan tinggi terkait pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama.

Selain itu juga telah mendapatkan rekomendasi dari Gubernur Sumatera Barat (Sumbar).

"Selamat kepada Pak Arfian, semoga amanah dan mampu membawa Inspektorat Kota Padang menghasilkan kinerja yang lebih baik lagi ke depan," ucap Wali Kota dalam sambutan dan arahannya.

Selanjutnya Wako Hendri menjelaskan, Inspektorat merupakan salah satu OPD yang mempunyai peran strategis dalam menciptakan birokrasi yang bersih dan akuntabel. 

Begitu pula menjadi unit terdepan dalam mengawal pelaksanaan pengawasan internal di lingkungan pemerintah daerah. 

"Salah satu upaya yang harus selalu dilakukan jajaran Inspektorat adalah, meningkatkan peran aparat pengawas internal pemerintah (APIP) selaku memiliki tugas dan tanggung jawab melaksanakan pembinaan dan pengawasan agar penyelenggaraan pemerintahan berjalan sesuai dengan tujuan dan sasaran yang diharapkan. Kemudian yang tak kalah pentingnya lagi mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Padang tiap tahunnya," ujar Wali Kota.

"Alhamdulillah, kita sudah sepuluh kali mendapatkan predikat WTP dengan menerimanya sembilan kali secara berturut-turut. Prestasi ini harus kita jaga dan peroleh terus sebagai bentuk kualitas dan akuntabilitas kinerja Pemko Padang dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD," tukas pemimpin Kota Padang itu menekankan.

Dalam pelantikan tersebut juga dihadiri Wakil Wali Kota Padang Ekos Albar bersama Sekdako Andree Algamar, para Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD dan Camat se-Kota Padang. (Prokompimpadang)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »