Tajam! Soal Polemik JIS, Refly Harun Singgung Sirkuit Mandalika: Banjir, Proyeknya Merugi, Tinggalkan utang, Itu Nggak Dipersoalkan

BENTENGSUMBAR.COM – Polemik Jakarta International Stadium (JIS) terus menjadi kontroversi seakan tak berkesudahan, bahkan terus menjadi kontroversi. 

Stadion yang merupakan kebanggaan mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan itu dianggap tidak pantas menjadi tempat acara internasional oleh bawahan Jokowi.

Mulai dari rumput stadion, pintu masuk dan keluar, fasilitas transportasi pendukung, hingga area parkir dianggap tidak memadai.

Terus-menerus ‘diserang’ menjelang penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023, pengamat politik, Refly Harun membandingkan JIS dengan Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Kenapa sih bangsa ini susah sekali untuk mengakui hasil kerja orang kalau memang baik. Ya, kalau baik dibilang baik. Coba, tiba-tiba dipermasalahkan pintu yang terbuka atau yang tertutup,” ujar Refly dilansir dari kanal YouTube-nya, Kamis (6/7/2023).

Pakar Hukum Tata Negara mengklaim stadion yang diprakarsai Anies sejatinya tidak bermasalah jika dilihat dengan pikiran jernih.

Ia juga mengaku heran dengan pernyataan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir yang menyebut persoalan akses lantaran baru satu pintu gate yang dibuka.

“Tinggal buka saja yang lain, tidak usah dipermasalahkan. Apa susahnya? Saya datang ke stadion waktu pembukaan JIS dan oke-oke saja,” ujar Refly.

Menurutnya, jika JIS membatasi membuka jumlah gate tak dibuka banyak, maka bisa jadi karena event di stadion biasa saja.

“Kalau misalnya ada pagar roboh dan lainnya ya perbaiki saja. Tidak berarti stadion tidak layak,” tandas Refly.

Ia berpandangan, penyebab JIS terus dipersoalkan karena pihak lain sulit mengakui hasil kerja Anies.

Dia pun mengkritisi pihak yang berseberangan itu tak punya niat terima kasih kepada Anies yang sudah membangun JIS.

“Datang itu tidak dengan niat berterima kasih kepada Anies yang sudah membangun stadion ini. Tapi, dengan niat untuk mencari kelemahan dan delegitimasi, susah sekali,” sebutnya.

Refly pun tak segan menyinggung sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang belakangan ini menimbulkan kontroversi, malah tak dipersoalkan.

“Padahal, akses jalan ke Mandalika itu banjir, proyeknya merugi lagi, meninggalkan utang. Itu nggak dipersoalkan,” Refly mengungkapkan.

Sumber: Fajar.co.id

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »