Tingkatkan Budaya Literasi, Wako Hendri Septa Apresiasi Lomba Bercerita Anak Tingkat SD/MI se-Kota Padang

BENTENGSUMBAR.COM - Wali Kota Padang Hendri Septa menyambut baik dan memberikan apresiasi atas digelarnya Lomba Bercerita Anak tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kota Padang. 

Menurut Wako, kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakan dan Kearsipan Kota Padang itu, sangat penting dilakukan dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik terutama agar budaya membaca pada anak semakin tinggi dan mutu pendidikan bagi anak semakin baik.

"Saya berharap, melalui lomba bercerita ini seluruh peserta dan guru pendamping semakin meningkatkan minat baca pada siswa-siswi lainnya di Kota Padang. Sehingga terciptanya budaya literasi di lingkungan sekolah masing-masing," ujar Wako Hendri Septa dalam sambutan dan arahannya saat membuka kegiatan yang dilangsungkan di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center itu, Senin (19/6/2023) pagi.

Lebih lanjut menurut Wako Hendri, pembudayaan gemar membaca sejatinya tidak kalah penting dan harus menjadi perhatian bersama dalam menumbuhkan rasa cinta anak terhadap budaya, bangsa serta filosofi adat basandi syara'-syara' basandi kitabullah (ABS-SBK) yang ada di ranah Minang.

"Selamat berlomba bagi anak-anak bapak semua. Mari lihatkan penampilan terbaik kita dan setelah ini menjadi pelopor untuk budaya membaca bagi peserta didik lainnya. Untuk peserta yang meraih juara satu bapak tambah lagi hadiahnya sebuah sepeda," harap Wako Hendri Septa memotivasi.

Senada dengan itu Dinas Perpustakan dan Kearsipan Kota Padang Ferimulyani menyebutkan, tujuan digelarnya lomba bercerita anak selama Senin dan Selasa (19-20/2023) ini untuk meningkatkan motivasi, kecintaan dan kegemaran membaca pada generasi muda khususnya murid SD dan MI di Kota Padang.

"Lomba ini juga diharapkan menjadi wadah bagi anak-anak dalam mengapresiasikan diri serta meningkatkan indeks pembangunan literasi masyarakat (IPLM) dan tingkat kegemaran membaca di Kota Padang," sebutnya.

Ia melanjutkan, untuk sasaran lomba yaitu murid kelas IV SD atau MI yang memiliki minat dan bakat bertutur cerita lokal yang berasal dari Sumatera Barat. 

"Jumlah peserta sebanyak 25 orang siswa-siswi yang berasal dari SD dan MI se-Kota Padang," katanya.

Dikatakannya, materi lomba yaitu merupakan cerita yang bersumber dari cerita rakyat asal Sumatera Barat dan mengandung nilai kepahlawanan atau legenda yang membangun pendidikan karakter.

"Masing-masing peserta bercerita dengan durasi 7-15 menit secara baik, menarik dan jelas. Kita juga menyediakan hadiah berupa trophy, sertifikat dan uang tunai bagi peserta yang berhasil meraih juara satu, dua dan tiga," jelas Ferimulyani.

Dalam kesempatan itu juga hadir sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemko Padang, para guru pendamping dan dewan juri. (Dv/Prokopim Pdg)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »