Muhadjir Sarankan Jemaah Muhammadiyah Potong Hewan Kurban Besok: Biar Kompak

BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menunaikan salat Idul Adha 1444 H di Masjid At Tanwir Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat. 

Muhadjir menyarankan jemaah Muhammadiyah memotong hewan kurban besok.

"Saya menyarankan untuk yang salat Idul Adha hari ini supaya tidak langsung melakukan penyembelihan kurban. Jadi penyembelihan kurbannya sebaiknya besok bersama-sama dengan saudara-saudara kita yang melaksanakan salat Idul Adha besok, biar lebih kompak," kata Muhadjir di lokasi, Rabu (28/6/2023).

Muhadjir meminta warga saling menghargai meski salat Idul Adha 2023 berbeda hari. Menurutnya, perbedaan tersebut sudah menjadi hal biasa.

"Saya kira Idul Adha hari ini akan berjalan lancar dan juga yang akan melaksanakan Idul Adha besok kita sudah terbiasa untuk bertoleransi dengan perbedaan," ucapnya.

Meski berbeda hari raya Idul Adha 2023, Muhadjir mengatakan yang terpenting adalah tetap bersaudara. 

Dia mengajak untuk saling menghargai antar-sesama umat beragama.

"Masing-masing punya argumen baik secara syariah maupun secara ilmiah, sehingga tidak perlu dipertentangkan yang penting terus kita pupuk semangat persaudaraan ukhuwah islamiyah, ukhuwah watoniah sebagai sebangsa dan setanah air itu yang penting," ujarnya.

Lebih lanjut, Muhadjir sendiri mengaku melaksanakan ibadah salat Idul Adha di Masjid At Tanwir Muhammadiyah lantaran lebih dekat. Menurutnya, untuk salat Id, ia tidak ingin menjadi khatib.

"Ya yang dekat saja, dan ini kan kantor PP Muhammadiyah, jadi mudah. Cuma saya memang kalau Idul Adha dan Idul Fitri berusaha untuk menjadi jemaah yang baik. Jadi biasanya saya tidak mau jadi khatib, ingin mendengarkan khotbahnya sekali-kali," imbuhnya.

Sebagai informasi, terjadi perbedaan penetapan hari raya Idul Adha 1444 H atau 2023 Masehi. Muhammadiyah lebih dulu menetapkan Idul Adha jatuh pada Rabu (28/6) hari ini.

Sementara itu, pemerintah lewat sidang isbat yang digelar di Kementerian Agama beberapa waktu lalu menetapkan 10 Zulhijah 1444 H jatuh pada Kamis (29/6) besok.

Sumber: detikcom 

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »