Widya Wisata, 24 Siswa Diktukba Rindam IX/Udaya Berkunjung di Monumen Puputan

BENTENGSUMBAR.COM - Sebanyak 24 siswa Diktukba dari Rindam IX/Udayana menggelar Widya Wisata di Monumen Puputan, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Kedatangan mereka, didampingi Kapten Inf Made Darya, Danki Diktukba pada Jumat (07/04/2023) pagi.

Kedatangan mereka di lokasi itu, disambut langsung oleh Danramil Klungkung, Kapten Caj Triyono.

Danramil Klungkung mengatakan, Widya Wisata itu dilakukan berkaitan dengan adanya perintah langsung dari Pangdam IX/Udaya dalam upaya meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme para siswa.

“Disamping itu, kegiatan tersebut juga sebagai wahana penyegaran untuk memperoleh suasana psikologis yang lebih baik,” ujarnya.

Motivasi yang positif, menurutnya, juga harus bisa ditanamkan dalam diri siswa selama menjalani pendidikan sebagai siswa Diktukba.

Dirinya menyebut, monumen tersebut merupakan salah satu bangunan bersejarah yang menjadi saksi perjuangan rakyat Klungkung saat masa penjajahan, kala itu.

“Pada intinya, rakyat Klungkung mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari tangan penjajah,” bebernya.

Dandim 1714/Sarmi Hadiri Pelaksanaan Musrenbang Pemkab Sarmi

Beberapa hal dibahas pada pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan atau Musrenbang oleh Bupati Sarmi, Markus O. Mansnembra.

Selain diikuti Ketua DPRD Sarmi, musrenbang itu juga turut diikuti oleh beberapa pihak terkait lain, diantaranya Dandim 1714/Sarmi, Letkol Inf Immanuel, S. K, Kapolres Sarmi, hingga tokoh adat dan tokoh agama setempat.

Beberapa hal, dibahas pada pelaksanaan musrenbang itu. Salah satunya menyoal program prioritas yang tercantum dalam daftar usulan rencana kegiatan pembangunan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan.

“Musrenbang ini adalah menyepakati permasalahan dan prioritas pembangunan daerah, menyepakati program kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi penyelarasan program dan kegiatan pembangunan Kabupaten Sarmi dengan sasaran dan prioritas pembangunan Provinsi Papua,” kata Bupati. Selasa (04/04/2023).

Markus menambahkan, tujuan digelarnya musrenbang itu ialah untuk memperhatikan rencana kerja Pemerintah atau RKP tahun 2024 dan rancangan RKPD Pemprov Papua.

“Selain itu, juga memperhatikan tema pembangunan, tujuan, strategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah yang telah ditetpkan dalam RPD Kabupaten Sarmi tahun 2023-2026,” jelasnya.

Tak hanya itu saja, Markus O. Mansnembra juga mengajak semua pihak untuk saling bersinergi, khususnya pada pelaksanaan agenda tahun 2024, yaitu mewujudkan kondusifitas dan stabilitas wilayah selama pelaksanaan pesta demokrasi mendatang.

“Selain hal-hal yang telah disebutkan tadi, saya mengajak kita sekalian untuk juga memberi perhatian serius terhadap salah satu agenda nasional yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 yaitu pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan umum yang akan dilaksanakan secara serentak,” pintanya.

Letkol Armen Dampingi Gubernur Bali Resmikan Pasar Rakyat

Pasar Rakyat Tematik Wisata dan Mall Pelayanan Publik di Kecamatan Semarapura, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali telah diresmikan oleh Gubernur Bali, I Wayan Koster.

Peresmian itu, ditandai dengan adanya peletakan batu pertama yang turut dihadiri oleh Forkopimda Klungkung, salah satunya Dandim 1610/Klungkung, Letkol Inf Armen.

Di lokasi peresmian itu, apresiasi tak lepas dikatakan oleh Wayan Koster, khususnya pada Bupati Klungkung yang selalu melakukan pemeriksaan rutin terkait pembangunan fasilitas umum tersebut.

“Sehingga hasil pembangunannya sangat maksimal,” kata Gubernur. Kamis (06/04/2023). “Apalagi, pembangunan fasilitas umum itu untuk kesejahteraan masyarakat,” imbuh Wayan Koster.

Terpisah, ditemui usai mengikuti prosesi peresmian pembangunan fasilitas pelayanan tersebut, Letkol Armen mengungkapkan jika dirinya bakal terus mendukung berbagai program Pemerintah.

Pasalnya, saat ini terdapat beberapa program yang digagas oleh Pemerintah, khususnya Pemkab Klungkung dan Pemprov Bali dalam upaya mensejahterahkan masyarakat.

“Seperti adanya pembangunan pasar rakyat ini. Pasar rakyat ini, bisa meningkatkan roda perekonomian masyarakat,” jelasnya.

Dandim 1712/Sarmi Hadiri Penyerahan Penghargaan Pejabat Pemkab

Beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Sarmi, mendapat apresiasi atas kinerja yang selama ini berhasil dijalankan dengan baik.

Penghargaan itu diberikan pada beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Sarmi, diantaranya Kepala Dinas Pendidikan, Kadinas Agama dan Kadinas Pariwisata.

Pemberian penghargaan yang berlangsung di Pemkab Sarmi pada Selasa (04/04/2023) itu, turut dihadiri oleh beberapa pejabat dari Forkopimda Sarmi, salah satunya Dandim 1712/Sarmi, Letkol Inf Immanuel, S. K.

Dandim Sarmi mengatakan, penyerahan penghargaan oleh Sekda Pemkab Sarmi itu, merupakan reward atas kinerja yang dilakukan oleh masing-masing pejabat tersebut.

"Penghargaan itu, diberikan atas dedikasi dan kontribusi para pejabat dalam menjalankan tugasnya," kata Dandim.

Perlu diketahui, penghargaan yang diperoleh Kadispendik itu karena keberhasilannya atas bahasa ibu yang digagas oleh dirinya.

Sedangkan, Kepala Dinas Agama mendapat penghargaan atas keberhasilannya meningkatkan kerukunan beragama.

Babinsa Pesinggahan Rangkul Masyarakat

Banyak cara dilakukan oleh Babinsa dalam memperkuat Kemanunggalan TNI dan rakyat. Salah satunya, dengan menyatu bersama masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Pelda Wayan Mariana, Babinsa Pesinggahan di sela dirinya mengawal adanya acara melasti di Pantai Segara Goa Lawah, Selasa (05/04/2023).

Senyum, sapa dan salam pun tak lupa dilakukan oleh Wayan ditengah dirinya mengawal adanya acara keagamaan tersebut.

“Kami semua saling berkontribusi untuk menciptakan keharmonisan,” kata Wayan.

Bahkan, dengan cara yang sopan dan santun pun Wayan terlihat memberikan himbauan pada masyarakat yang telah mengikuti acara keagamaan tersebut.

“Sopan dan santun dalam menyampaikan sesuatu, itu harus kami lakukan,” jelasnya. (*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »