Tidak Ada Potensi Alam, Hanya Andalkan Kreatifitas, Desa Wisata Kubu Gadang Sukses Menarik Wisatawan Datang

BENTENGSUMBAR.COM - Melihat perkembangan di Desa Wisata Kubu Gadang ini, Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi Penyelenggara Desa Kubu Gadang yang telah berkolaborasi membangun pariwisata di desa ini. 

“Mari kita beradaptasi dan berkolaborasi menciptakan Kubu Gadang menjadi desa wisata berkelanjutan,” ajak Sandiaga Uno, Sabtu (1/4).

Sandiaga menilai paket wisata di desa ini sangat keren dan bisa dikemas dengan baik.

“Selain kuliner, menanam cabai juga ada paket wisata memandikan kerbau. Di tempat lain tidak ada paket wisata ini. Ada banyak paket wisata yang ditawarkan,” ungkapnya.

Sandiaga Uno menilai, dari tiga kali ikut ADWI, yang berbeda dari Desa Kubu Gadang kali ini kekompakannya yang sesuai nilai-nilai kearifan lokal gotong royong. 

“Kekompakan yang berhasil dibangun antara penyelenggara desa wisata, Pemprov Sumbar, Pemko Padang Panjang. Sehingga dapat menciptakan desa wisata edukasi sesuai kearifan lokal,” ungkapnya.

Selain kekompakan, juga ada sajian kesenian tari yang berbeda yang ditampilkan tahun ini. Artinya di desa ini selalu ada yang berbeda berkat hasil inovasi.

Sementara itu, Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Audy Joinaldy mengucapkan terimakasih kepada Menparekraf Sandiaga Uno yang telah mengunjungi desa wisata ini. Termasuk juga kepada Penyelenggara Desa Wisata Kubu Gadang yang berjuang dengan penantian panjang, berhasil membuat desa wisata ini masuk 75 besar ADWI.

Audy mengatakan, Sumbar daerah yang desa wisatanya terbanyak masuk 75 besar ADWI tahun ini. 

“Ada lima desa wisata yang masuk. Kita banyak menyumbang tiap tahunnya. Ini membangkitkan ekonomi Sumbar dan membantu program pemerintah menciptakan 4,4 juta lapangan kerja,” ungkapnya.

Pengelola Desa Wisata Kubu Gadang, Yuliza Zein mengungkapkan sejarah berdirinya dan perjuangan Desa Wisata Kubu Gadang menuju 75 besar ADWI Tahun 2023.

Eliza mengungkapkan, Desa Wisata Kubu Gadang yang terdiri dari 2 RT ini, penduduknya awalnya bekerja bercocok tanam padi di sawah. Dengan kondisi daerah yang memiliki hawa sejuk dan dingin serta tanah yang subur, dirinya bersama pemuda-pemudi Kubu Gadang berkeinginan mengembangkan pariwisata di desa ini. (adpsb)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »