Buya Gubernur Letakkan Batu Pertama Masjid Baburrahim Batu Basa Senilai Rp21,3 Miliar

BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi melakukan peletakan batu pertama Masjid Baburrahim Jorong Batu Basa, Nagari Batu Basa, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar yang diinisiasi pemuda dengan anggaran diperkirakan Rp21,3 miliar.

"Ini sangat luar biasa. Rencananya diinisiasi generasi muda yang kemudian di dukung oleh seluruh masyarakat di ranah dan rantau," puji Gubernur usai peletakan batu pertama di Batu Basa Kab. Tanah Datar, Selasa, 19 Oktober 2021.

Buya Gubernur menyebut konsep pembangunan masjid dengan memanfaatkan potensi ranah dan rantau sangat tepat dilakukan di tingkat nagari karena kedekatan emosional antara masyarakat masih terjaga dengan erat.

Semangat itulah yang dituju saat dilakukan gerakan kembali ke nagari saat awal-awal reformasi. Saat ini Pemprov Sumbar juga fokus untuk melaksanakan program berbasis nagari seperti dibentuknya nagari tageh.

Dalam kesempatan itu Gubernur juga memuji pengurus masjid yang telah menyiapkan banyak program positif untuk dilaksanakan di masjid yang ditargetkan selesai dalam lima tahun itu.

"Program disiapkan hingga 2028. Tidak hanya sebagai tempat ibadah tetapi juga untuk pusat pendidikan, perekonomian bahkan untuk wisata religi. Ini kali pertama saya menemukan program masjid yang terstruktur hingga bertahun-tahun ke depan," puji Buya Gubernur.

Masjid yang dibangun dua lantai dan megah tersebut diyakini akan menjadi icon wisata tidak hanya di Kecamatan Pariangan tetapi juga di Kabupaten Tanah Datar ini. 

Usai peletakan batu pertama Masjid Baburrahim Batu Basa, Gubernur juga melakukan menebarkan ikan gariang sebanyak 43.000 ekor di Sungai Bengkawas, Nagari Batu Basa, Kecamatan Pariangan tersebut. (Budi)

#BIRO ADPIM SETDAPROV SUMBAR

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »