Pengelolaan Limbah Sungai Batang Arau, Tenaga Ahli dari Jerman Bakal ke Padang

Pengelolaan Limbah Sungai Batang Arau, Tenaga Ahli dari Jerman Bakal ke Padang
BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa didampingi sejumlah kepala OPD terkait di pemerintah kota setempat, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Sinergitas Antar Kementerian dan Lembaga Dalam Rangka Pemantauan Orang Asing dan Lembaga Asing, Senin, 8 Februari 2021.


Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Kewaspadaan Nasional Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri secara virtual itu, diketahui beragendakan pembahasan rencana penugasan Mr. Michell Rohmann, seorang tenaga ahli dari GIZ-Jerman/Center for International Migration and Development (CIM). Acara rakor itu pun diikuti oleh beberapa perwakilan kementerian/lembaga di Indonesia serta pihak/instansi terkait lainnya. 


Seperti diketahui, Mr. Michell Rohmann sendiri merupakan seorang 'hydrologist' yang bakal berperan sebagai 'integrated expert' untuk mendukung program Waste Management of Batang Arau River (pengelolaan limbah sungai Batang Arau) di Kota Padang. 


Wakil Wali Kota Hendri Septa mengungkapkan, atas nama Pemerintah Kota Padang dan warga Kota Padang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas akan hadirnya Mr. Michell Rohmann sebagai tenaga ahli yang akan memberikan transfer ilmu dan hal penting lainnya dalam upaya peningkatan kebersihan dan kualitas air sungai di Kota Padang. Hal ini merupakan tindak lanjut dari bingkai kerjasama Sister City (Kota Kembar) yang telah terjalin antara Padang-Hildesheim (Jerman). 


"Kami tentu sangat bersyukur upaya ini juga mendapat dukungan dari berbagai pihak di kementerian/lembaga terkait di Indonesia, terutama perwakilan GIZ Jerman di Jakarta. Insya Allah sebagaimana dijadwalkan, Mr. Michell Rohmann dijadwalkan datang ke Padang kira-kira pertengahan Maret 2021 ini. Kontrak kerjanya pun diperkirakan minimal selama 2 tahun terhitung dari awal masa kerja," ungkap wawako dari Gedung Putih Kediaman Resmi Wali Kota Padang.


Dalam kesempatan itu, juga hadir mendampingi Wawako Hendri Septa diantaranya Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Edi Hasymi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mairizon, Kabag Kerjasama Erwin. M dan Kakan Kesbangpol Yuska Libra Fortunan serta lainnya.


Lebih lanjut sekaitan akan datangnya Mr. Michell Romann di Kota Padang, Hendri Septa pun berharap terwujudnya apa yang dharapkan dan diidam-idamkan selama ini. Yaitunya bagaimana sungai-sungai di Kota Padang menjadi sungai yang bersih dengan kualitas air yang jernih. Hal itu pun  juga sesuai dari visi Kota Padang sebagai kota pendidikan, perdagangan dan pariwisata.


"Alhamdulillah, pada beberapa waktu lalu melalui virtual beliau (Mr Michell Rohmann) mengaku kepada kita sangat antusias dan ingin segera ke Kota Padang awal tahun ini. Semoga kedatangannya bisa membantu peningkatan kualitas air sungai di Kota Padang nantinya. Khususnya di kawasan Sungai Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan," harapnya.


"Semoga melalui ilmu-ilmu dan pengalaman Mr Michell Rohmann ini nantinya mampu menjadikan sungai Batang Arau menjadi sungai yang bersih, jernih dan indah. Saat ini Sungai Batang Arau memang masih dalam kategori (kelas 4-red), semoga nanti bisa naik menjadi kelas 2. Sehingga dengan demikian, kawasan tersebut bisa dipercantik dan kita memang berkeinginan menjdikannya sebagai kawasan marina dan maritim center yang terintegrasi dalam program Kawasan Wisata Terpadu (KWT)," pungkas wawako mengakhiri.


Sementara itu Kepala DLH Kota Padang Mairizon menuturkan, terkait fungsi dan kehadiran Mr. Michell Rohman nantinya yaitu mengharapkan dapat memberikan transfer ilmu kepada Pemko Padang dalam pengelolaan sungai di Kota Padang terutama Sungai Batang Arau. 


"Diharapkan untuk sungai tersebut ada perbaikan mulai dari edukasi sampai teknis pelaksanaan pengelolaan limbah yang ada. Sebagaimana kita ketahui, dari hulu sampai ke hilir banyak limbah yang dihasilkan masyarakat," tuturnya.


Selanjutnya Kabag Kerjasama Pemko Padang Erwin. M  juga  mengatakan kedatangan Mr. Michell Rohmann ke Kota Padang sudah dipersiapkan Pemko Padang. 


"Kita sudah menyiapkan fasilitas kehidupan sehari-hari dan ruangan kerja bagi beliau. Selain itu juga terkait protokol kesehatan (prokes) dan aspek keamanan sesuai aturan yang berlaku. Sementara untuk pengerjaan fisik nantinya kita tengah berupaya dan berharap dukungan baik dari Pemerintah Pusat atau pun pihak terkait lainnya. Semoga saja segala sesuatunya berjalan dengan lancar," harapnya.


(David)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »