LAKSAMANA: Gonjang- ganjing Perpolitikan Bagian dari Permainan Komparador Agenda Settingan Elite Politik

LAKSAMANA: Gonjang- ganjing Perpolitikan Bagian dari Permainan Komparador Agenda Settingan Elite Politik
BENTENGSUMBAR.COM - Pengamat politik Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Studi Masyarakat dan Negara (LAKSAMANA), Samuel F. Silaen mengatakan, pertarungan opini publik menjadi sesuatu yang dilematis, sebab polemik atau pertarungan opini publik itu bagian dari strategi pemasaran ide dan gagasan untuk memenangkan pertandingan disisi hulunya, maka mengatur hilirnya lebih empuk tanpa perlawanan yang berarti.


"Dalam situasi gonjang- ganjing perpolitikan Indonesia yang sedang dimainkan/ dirancang khusus oleh para komparador politik tak akan berdiam diri, selama ada permintaan dari sisi elite yang membutuhkan. Tujuan dari pertarungan opini publik demi memuluskan niat pelaku politik ditingkat implementatif. Saat opini publik dipenuhi oleh polemik maka disitu ada agenda yang belum tuntas dicapai dimeja perundingan," ujar Samuel F. Silaen melalui keterangan tertulisnya, kemaren.


Menurutnya, pertarungan opini publik akan terus dimainkan demi meraih kekuasaan yang sedang dirancang oleh kelompok elite tertentu. "Siapa tahu mendapat 'panggung' atau dukungan massa diperhelatan kontestasi politik yang akan didorong tersebut. Ini agenda settingan politik dalam rangka menjegal/ mematahkan langkah konservatif penguasa yang tak mau 'diajak' bersama-sama," beber Silaen.


Dikatakannya, panggung belakang politik akan terus bergerilya untuk mendapatkan pengaruhnya agar tujuan mulus dilakukan. "Ini sama halnya buzzerRp dimainkan. Terkadang orang/ tokoh yang punya pengaruh di endorsement guna memancing huru- hara perdebatan dikalangan masyarakat, hal ini biasa terjadi demi kepentingan kekuasaan politik yang ingin diraih," jelas Silaen.


Ia menjelaskan, pertarungan opini publik bagaikan dua atau banyak kutub yang sedang unjuk gigi. "Dari orang/ kelompok tertentu yang sedang meramu jurus- jurus apiknya untuk mempengaruhi kebijakan pemerintah (penguasa) agar ikut serta mendorong/ mendukung keputusan yang sedang di gedor-gedor itu," papar mantan Tenaga Ahli Fraksi DPR RI tersebut.


Sekarang kemana arah dan akhir dari perdebatan elite itu?  


"Hal yang perlu diperhatikan agar tidak sampai terjebak dalam pusaran arus permainan atau gendang politik yang sedang ditabuh 'lawan' secara masif dengan bauran kelompok tertentu, agar ide dan gagasan bisa merasuki pikiran orang banyak, yang akhirnya dapat dukungan politis," tutur Silaen.


Menurutnya, disaat banyak opini liar publik diaduk- aduk secara bersamaan akan membuat banyak orang juga lupa agenda yang sesungguhnya terjadi ditengah masyarakat. "Tergantung pada tujuan dan agenda yang akan dicapai masing-masing kelompok yang sedang memainkan peran 'badut' politiknya, "beber aktivis organisasi kepemudaan itu. 


Dikatakannya, hampir tak ada agenda yang kebetulan terjadi, elite politik yang sedang mencari jalan untuk memuluskan agenda mencari jalan lewat panggung belakang untuk menekan penguasa agar ide dan gagasannya dipertimbangkan sebagai bagian dari kompromi politik yang akan disepakati bersama. "Sebab masing-masing kelompok punya tujuan tertentu yang ingin dicapai," ungkap Silaen 


Diakhir polemik atau perdebatan publik yang kencang itu, jelasnya, akan berakhir dengan agenda politik bargaining untuk win- win solution dari masing-masing kelompok yang sedang mengincar tujuan dari permainan politik yang sedang ditabuh kelompok tertentu tersebut.


(by) 

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »