Mastilizal Aye Dinobatkan Sebagai Guru Tuo Silek Pauh


BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang Mastilizal Aye dinobatkan sebagai Guru Tuo Silek Pauh Tapian Koto Nan Baduo Kenagarian Pauh IX Kecamatan Kuranji Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu, 29 Februari 2020.

Prosesi melewakan Guru Tuo Silek Pauh dilalui pria yang akrab disapa Aye tersebut dengan mangilekan pedang di tengah gelanggang Urak Balabek di Medan Nan Bapaneh KAN Pauh IX, pada Ahad dinihari, 1 Maret 2020.

Aye mengilekan pedang dan disambut oleh ninik mamak pandeka dan penghulu tapian dengan disaksikan oleh ninik mamak sehamparan di Medan Bapaneh tersebut.

Usai dinobatkan senagai Guru Tuo, Aye menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai bentuk menjaga dan pewarisan nilai-nilai budaya.

Ia pun meminta Pemerintah Kota Padang menjadikan Urak Balabek tersebut sebagai iven wisata tahunan yang pelaksanaanya digilirkan per nagari atau kecamatan di Kota Padang.

"Kita minta Pemko Padang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang menjadikan kegiatan Urak Balabek ini sebagai iven wisata tahunan, sehingga mengundang daya tarik wisatawan. Tentu acaranya harus dikemas sebaik mungkin," ungkapnya.

Jika sudah menjadi iven wisata tahun, kata Ketua Fraksi Partai Gerindra Kota Padang ini lagi, maka akan mendatangkan wisatawan, baik lokal, nasional maupun internasional.

"Tentu dikemas tak hanya diikuti atau pesertanya dari satu nagari saja di Kota Padang, tetapi seluruh nagari yang ada di Kota Padang dan menghadirkan dari nagari lainnya di Sumbar," tukuknya.

(by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »