KH Hendri Yazid Dilewakan Jadi Tuo Silek Pauh IX Kuranji


BENTENGSUMBAR.COM - Lebih dari 14 tahun menanti-menanti untuk dilewakan jadi guru silek (silat), akhirnya pada Ahad dini hari, 29 Februari 2020, penantian tersebut datang juga.

"Lebih dari 14 tahun kami menanti acara malewakan mencak kilek padang (pedang). Artinya, mancak kilek padang ini, para tuo silek bisa duduk sahamparan dengan para ninik mamak dalam nagari," pungkas KH Hendri Yazid, dari Tapian Suku Guci Sungai Sapih.

Selain KH Hendri Yazid, ada sebanyak 90 tuo silek di tapian Sungai Sapih yang dilewakan.

"Kami berterimakasih kepada ninik mamak, anak nagari dan KAN Pauh IX yang telah mengangkat serta malewakan pagelaran urak balabek ini. Artinya, secara resmi dan profesional para tuo silek sudah diakui dan duduk sejajar dengan ninik mamak ketika ada acara adat", ujar Bendum PWNU Sumbar ini.

Ia melanjutkan, ada sekitar 102 sasaran silek (silat) di Kota Padang ini, sekitar 50 persennya berada diwilayah Pauh. Kemudian, silek Pauh lebih cendrung menonjolkan nilai estetika keindahan gerak dan seni mencaknya. Sedangkan di wilayah lain, lebih tendensi untuk dilombakan.

Ia berharap, kegiatan Urak Balabek ini menjadi berkah bagi tuo silek Pauh IX, dimana para tuo silek tersebut sudah sehamparan dengan  ninik mamak yang ada di nagari.

"Semoga bisa saling bersinergi, menjaga pelestarian nilai-nilai adat yang merupakan kebanggaan orang Minangkabau," tutup Hendri Yazid. 

(hri)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »