Sumbar Butuh 20 Pabrik Es Tambahan, Investor Bakal Diberi Kemudahan Berinvestasi


BENTENGSUMBAR.COM - Peluang berinvestasi di Sumatera Barat terbuka lebar bagi investor. Salah satunya adalah di sektor perikanan dan kelautan.

Bahkan, Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar memberikan peluang usaha dan kemudahan pada investor untuk menanamkan investasinya. Misalnya saja untuk pembangunan pabrik es, sebab pabrik es yang ada baru 13 unit, padahal Sumatera Barat membutuhkan sebanyak 20 lebih.

"Ya, kita butuh menambahan pabrik es, 13 pabrik es yang ada belum mencukupi kebutuhan nelayan, "ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Ir. Yosmeri kepada wartawan, Jumat, 28 Februari 2020.

Dikatakan, 13 pabrik es itu berada di Pasaman Barat dua unit, Tiku, satu unit, Pariaman, satu unit, Padang, empat unit dan Pesisir Selatan, tiga unit pabrik es dan Kepulauan Mentawai dua unit.

Diakui, meskipun sudah ada 13 pabrik es, namun belum mencukupi kebutuhan nelayan untuk penyimpanan hasil tangkapannya.

Untuk itu, pihaknya sangat menerima investor dengan senang hati untuk membangun pabrik es di sepanjang pesisir pantai Sumbar. Jika ada yang berminat, pemerintah akan menyiapkan lahan.

Tidak itu saja, administrasi dan proses perizinan akan dipermudah, sehingga pembangunan pabrik es bisa terwujud.

Selain pabrik es, investor juga diundang untuk membangun ruangan pendingin (cold storage) agar ikan yang didapati nelayan bisa disimpan. "Dengan adanya ruangan pendingin itu, ikan bisa disimpan, agar tidak busuk, "ujar Yosmeri.

(hms-sumbar)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »