Irwan Basir Datuk Rajo Alam: Ayo Saksikan dan Ramaikan Urak Balabek di Medan Bapaneh Pauh IX

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Irwan Basir Datuk Rajo Alam mengajak segenap elemen masyarakat di Kecamatan Kuranji Kota Padang, Sumatera Barat untuk menyaksikan dan meramaikan acara "Urak Balabek" Alek Nagari Pauh IX yang bakal digelar di Medan Nan Bapaneh KAN Pauh IX, Kamis, 27 Februari 2020.

"Saya mengajak kita semua untuk menyaksikan dan meramaikan acara urak balabek alek Nagari Pauh IX Kuranji," ujarnya kepada BentengSumbar.com, usai rapat dengan Tuo Silek dan Ninik Mamak Pandeka Tapian Jambak Nan Batujuh, Rabu, 26 Februari 2020,

Ia mengatakan, acara urak balabek tersebut merupakan prosesi malewakan gala guru atau tuo silek. Menurutnya, acara tersebut merupakan upaya pewarisan nilai-nilai tradisi dan pelestarian silek Pauh yang sudah dikenal sampai ke dunia internasional.

"Kami sangat mendukung acara ini sebagai bentuk kegiatan kearifan lokal yang mempertahankan nilai-nilai tradisi yang hidup dan berkembang di tengah-tengah masyarakat," cakapnya.


Ketua IPSI Kota Padang Zulhardi Zakaria Latif dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang meninjau lokasi kegiatan dan persiapan panitia, Rabu malam, 26 Februari 2020.
Ketua IPSI Kota Padang Zulhardi Zakaria Latif dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang meninjau lokasi kegiatan dan persiapan panitia, Rabu malam, 26 Februari 2020.
Arak-arakan

Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Padang Zulhardi Zakari Latif mengatakan, acara urak balabek tersebut akan digelar pada Kamis malam, 27 Februari 2020. Namun pada Kamis pagi akan dilakukan pawai atau arak-arakan yang di mulai dari KAN Pauh V.

"Kita akan start di KAN Pauh V melewati jembatan Lambuang Bukik terus ke Simpang Kuranji lantas ke Belimbing. Dari Belimbing terus ke Bypass Sungai Sapih dan berakhir di kantor KAN Pauh IX. Arak-arakan dimulai pukul 09.00 WIB," cakapnya.

Arakan-arakan tersebut, kata Zulhardi akan melibatkan puluhan bendi dan diikuti oleh para pandeka yang akan "dikilekan" pedangnya.

"Di benda yang akan diarak itu, ada bendi khusus untuk Wali Kota Padang atau yang mewakili dan Ketua DPRD Kota Padang," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Arfian mengatakan, kemungkinan pembukaan acara urak balabek pada Kamis malam, 27 Februari 2020, akan dilakukan Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah.

"Insya Allah akan dibuka oleh Pak Wali Kota," ujarnya. 

(by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »