Hadiri Rakorbang di Anduring, Ini yang Disampaikan Jakfar

Hadiri Rakorbang di Anduring, Ini yang Disampaikan Jakfar
BENTENGSUMBAR.COM - Sebagai anggota DPRD Kota Padang dari daerah pemilihan Padang II (Kuranji-Pauh), Jakfar menghadiri Rakorbang di Kelurahan Anduring Kecamatan Kuranji Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu, 5 Februari 2020.

Rakorbang tersebut dibuka oleh Camat Kuranji Eka Putra Bukhari dan dihadiri juga oleh Lurah Donni Mawardi, Ketua LPM, Ketua RW, RT, PKK, Bundo Kanduang dan Tokoh Masyarakat Anduring.

"Saya mencoba berbagi inspirasi dari beberapa perjalanan dan diskusi dengan tokoh nasional dan pengembangan desa atau kelurahan," ungkap Jakfar.

Untuk pengembang kelurahan, jelas Jakfar,  yang pertama langkahnya dengan pemetaan wilayah dan potensi yang dimikiki disana. Baik potensi alam maupun potesi sumber daya manusianya.

Kedua, lanjutnya, yaitu mengajak stake holder dalam berbagai kalangan untuk memikirkan pengembangan dan kemajuan daerah ini. Langkah ini diantaranya adalah mengajak kampus.

"Lakukan lobi dan pendekatan dg pihak kampus. Anduring punya UIN Imam Bonjol. Bagaimana Anduring bisa meminta kampus, ajak duduk bersama berkontribusi lebih spesifik lagi. Ilmu dan pencerahan dari para pakar dan akademisi kampus sangat berguna dalam mengilhami kemajuan Anduring," ujarnya.

Ketiga, menurut Jakfar, ciptakan para kader penggerak. Baik dari pegawai kelurahan sendiri, PKK, RT RW, Karang Taruna dan semua elemen yang bisa dilibatkan dan projek pembangunan kelurahan. Kader yang tangguh, berjuang sungguh-sungguh, ikhlas, tahan banting, tabah dan mau bersama dengan masyarakat baik suka maupun duka. Ini kunci utama

"Keempat adalah ajak dan libatkan masyarakat. Artinya sampaikan kepada masyarakat tentang rencana yang akan kita lakukan. Ajak dan libatkan masyarakat secara massif. Partisipasi dan sumbangsih masyarakat adalah modal utama," urainya.

Kelima, katanya, yang menentukan ialah promosi dan informasi tentang apa yang sudah dilakukan ke khalayak umum. Bisa melalui media offline maupun onnline.

"Hari ini media informasi sangat berperan vital untuk kemajuan. Gunakan semua potensi media massa maupun sosial media untuk menggangkat potensi dan sumber daya di kelurahan," jelasnya.

(by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »