DPRD Kota Padang Dorong Pemko Lakukan Percepatan Pembangunan di Daerah Pinggiran

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Padang Syafrial Kani akan mendorong Pemerintah Kota Padang lakukan percepatan pembangunan di daerah Padang Pinggiran Kota (Papiko), dimulai dari pelebaran Jalan Kalumbuk Kecamatan Kuranji Padang.

Hal itu disampaikannya ketika melakukan kunjungan lapangan dari Simpang Jalan Kalumbuk, Jembatan Balai Gadang dan Jalan Pondok Kopi - Gurun Laweh, Jumat, 7 Februari 2020.

Kondisi jalan di daerah tersebut termasuk sempit dan rusak parah, dimana terdapat lobang-lobang di badan jalan yang dapat membahayakan pengendara yang melewati jalan tersebut.

Padahal, daerah tersebut padat penduduk terutama pasca gempa 2009. Dimana banyak penduduk zona merah lebih memilih pindah ke zona kuning dan hijau.

Akibatnya jumlah penduduk menjadi bertambah termasuk jumlah kendaraan. Ruas jalan masih seperti yang dulu, sempit dan terjadi kerusakan di berbagai lokasi jelas Ketua DPRD.

Ketua DPRD Kota Padang yang didampingi anggota dewan lainnya seperti Zalmadi, Mukhlis, Azwar Siry dan Mastilizal Aye mengunjungi masyarakat setempat dan menampung aspirasi untuk perbaikan jalan itu.

Dalam kunjungan itu, Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani dan wakil rakyat lainnya didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota Padang Medi Iswandi.

Zalmadi dan Azwar Siry mengatakan, seluruh anggota dewan di dapil itu sepakat memprioritaskan percepatan pelebaran jalan dan pembangunan jembatan tersebutbdengan mengalikasikan sebagian pokir mereka.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Padang Medi Iswandi mengatakan, pelebaran Jalan Kalumbuk memang sudah menjadi prioritas pembangunan.

"Pelebaran Jalan Kalumbuk itu sudah jadi prioritas kota bersama, pelebaran jalannya ini 15 meter," kata Medi Iswandi.

Masyarakat yang berada di lokasi peninjauan lapangan mengaku sudah sering daerah mereka masuk dalam musrenbang namun bertahun-tahun tak kunjung terealisasi. Seperti yang diungkapkan Tokoh masyarakat Nanggalo dan Kuranji Marzuki Onmar.

Dengan kedatangan Ketua DPRD Kota Padang dan anggota dewan lainnya, Marzuki Onmar yakin harapan masyarakat akan terwujud. Tokoh masyarakat ini berpesan agar wakil rakyat jangan hanya berjanji tapi harus mengisi janji tersebut agar mendapat kepercayaan dari masyarakat.

Direncanakan Jalan Kalumbuk Kecamatan Kuranji ini akan dilakukan pelebaran seluas 15 meter, numun terkendala pada pembebasan lahan.

"Permasalahan pembebasan lahan harus disosialisasikan dulu kepada masyarakat," ungkap Medi Iswandi.

Jika masyarakat bisa menyerahkan lahan secara tertulis, anggaran untuk pelebaran jalan bisa dilakukan pada Tahun 2021, urainya.

"Kalau masyarakat bisa menyerahkan lahan kepada pemerintah secara tertulis, tahun besok (2021) bisa dianggarkan," katanya.

Menurutnya, jika masyarakat belum mau menyerahkan, terlebih dauhulu dilakukan sosialisasi dan penetapan ganti rugi dengan masyarakat.

"Kalau memang belum, maka kami harus sosialiasi dulu, kemudian pendekatan, disusun lagi ganti rugi tanah masyarakat, disusun lagi, kemungkinan bisa dua tahun lebih," tambah Medi Iswandi.

Di lain pihak, Ketua Fraksi Partai Gerindra Kota Padang Mastilizal Aye meminta Pemerintah Kota Padang serius dalam menanggapi aspirasi masyarakat terkait pembangunan infrastruktur. Apatah lagi, usulan sudah masuk ke Musrenbang, baik itu ditingkat kelurahan maupun kecamatan.

"Kami dari Fraksi Partai Gerjndra akan selalu mengawal usulan masyarakat terkait pembangunan infrastruktur ini, baik itu jalan maupun jembatan," ungkapnya kepada media, Jumat, 21 Februari 2020.

(***)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »