Kunjungi Akademi Komunitas Mentawai, Wagub Puji Terobosan Bupati Yudas

Kunjungi Akademi Komunitas Mentawai, Wagub Puji Terobosan Bupati Yudas
BENTENGSUMBAR. COM - Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Nasrul Abit mengunjungi Akademi Komunitas Kepulauan Mentawai. Ia pun memuji terobosan yang dilakukan Bupati Mentawai, Yudas Sabaggalet.

Menurut Nasrul Abit, akademi tersebut merupakan upaya mendidik putra putri Mentawai untuk dikembangkan secara profesional agar menjadi tenaga kerja di bidang peternakan dan teknologi pertanian. 

Walau saat ini masih berstatus Politeknik Negeri Lampung, program Study Luar Domisili Kepulauan Mentawai, Rintisan Akademi Komunitas Negeri Kepulauan Mentawai, berdiri sejak tahun 2015 ini merupakan cikal bakal peguruan negeri pertama di daerah ini.

"Ini sebuah terobosan yang baik dari sosok Bupati Yudas Sabaggalet dalam menyikapi kebutuhan tenaga kerja dalam kemajuan pelaksanaan pembanguan di Mentawai," ujarnya disela-sela kunjungan ke akademi yang terletak di Desa Bukit Panewa Kecamatan Sipora Utara, Rabu, 21 Maret 2018 siang. 

Dibanyak daerah, kata Nasrul Abit lagi, pilihan mendirikan perguruan tinggi untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat merupakan kebutuhan mempersiapan anak negeri di daerah itu sendiri. Karena kondisi ekonomi,  kemampuan masyarakat untuk bersaing di luar daerah sangat tinggi,  maka pendidian akademi ini adalah upaya layanan negara dalam bidang pendidikan bagi masyarakat di daerah. 

"Dalam kontek meningkatkan daya saing dan menjadikan masyarakat Mentawai menjadi tuam rumah di negeri sendiri, ini merupakan sesuatu yang fondamental karena ini membangun harga diri dan martabat daerah. Kita jangan pernah bangga menjadi daerah tertinggal,  dengan harapan banyak bantuan itu. Itu pemikiran yang salah.  Pelaksanaan pembangunan bertujuan mewujudkan kemandirian daerah dalam mensejahterakan masyarakat," tegasnya. 

Menurutnya, sikap kemandirian merupakan harga diri daerah dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup dan dengan martabat daerah mereka mampu bersaing  di era globalisasi saat ini. Ia mengaku bangga dan senang karena saat ini Akademi Komunitas Kepualauan Mentawai telah aktif perkuliahan dengan 156 Mahasiswanya. Sementara fasilitas gedung kampus sudah cukup memadai. 

"Kita senang dengam program Bupati Mentawai yang menyekolahkan generasi muda di perguruan tinggi, apatah lagi mampu ke luar pulau Sumatera. Dan akademi ini bagi masyarakat Mentawai yang tinggal di daerah, yang tidak mampu berkuliah di luar pulau Mentawai," ungkapnya.

Editor: Zamri Yahya
Laporan: Zardi

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »