Miliki 700 Suku dan 300 Bahasa, Indonesia Dianugerahi Allah Keberagaman dan Kemajemukan

Miliki 700 Suku dan 300 Bahasa, Indonesia Dianugerahi Allah Keberagaman dan Kemajemukan
Keberagaman Indonesia. 
BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan segenap lapisan masyarakat untuk menyadari negara Indonesia adalah negara yang penuh keberagaman dan kemajemukan. Dicontohkan Presiden, Indonesia memiliki kurang lebih 700-an suku dan 340-an bahasa daerah.

“Ini yang harus kita sadari, bahwa kita memang diberi anugerah dari Allah sebuah keberagaman, sebuah kemajemukan,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada acara Silaturahim Nasional (Silatnas) Ulama Rakyat “Doa Untuk Keselamatan Bangsa”, yang digelar di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (13/11) sore.

Sistem ketatanegaraan di Indonesia, lanjut Presiden, menghargai dan menjamin kemajemukan dan kebhinnekaan itu. “Tugas kita apa? Tugas kita menjaga,” tegas Presiden.

Disinggung Presiden Jokowi, berkaitan dengan seni budaya juga bermacam-macam, lebih dari 4.000 tarian daerah kalau dikumpulkan yang semuanya beda-beda.

“Inilah yang harus kita sadari. Inilah karunia yang patut kita syukuri. Tugas kita adalah merawat dan menjaga, merawat dan menjaga,” tuturnya.

Karena itu, tegas Presiden Jokowi, dirinya sebagai Presiden, sebagai Kepala Negara, dan seluruh bangsa Indonesia mempunyai tugas menjaga agar prinsip-prinsip dalam Pancasila tetap utuh.

“Harus tetap utuh. Kalau tidak, kita tidak bisa membayangkan karena bermacam-macam suku, bermacam-macam ras, bermacam-macam agama kita ini,” ujarnya.

Terkait dengan yang mayoritas dan minoritas, Presiden Jokowi menegaskan, yang mayoritas mestinya melindungi yang minoritas dan yang minoritas juga menghormati yang mayoritas. Harus dua-duanya jalan, saling menghargai dan menghormati, kalau tidak ada hal tersebut, lanjut Presiden, tidak akan sambung.

“Kalau itu ada, bangsa Indonesia, kita semuanya, kita semuanya kan ingin selalu menikmati indahnya perdamaian, indahnya persaudaraan di tengah keberagaman kita. Karena ini anugerah yang diberikan Allah kepada kita,” tutur Presiden. (Sumber: setkab.go.id)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »