Wow, Porprov Sumbar ke-XIV Diikuti 8.554 Orang Peserta, 2.545 Dewan Juri dan Perebutkan 4. 594 Medali

Pariwara DPRD Kota Padang
Wow, Porprov Sumbar ke-XIV Diikuti 8.554 Orang Peserta, 2.545 Dewan Juri dan Perebutkan 4. 594 Medali
Gubernur Irwan, Wako Mahyeldi, Wawako Emzalmi, Sekretaris
Kemenpora, Ketua KONI Sumbar, Ketua TP-PKK Sumbar,
Ketua TP-PKK Kota Padang, dan Rombongan Memasuki
Arena Pembukaan Porprov Sumbar ke-XIV tahun 2016. 
BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Provinsi Sumatera Barat Prof. DR. H. Irwan Prayitno, Psi, M. Sc, Datuk Rajo Bandaro Basa secara resmi membuka pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat ke-XIV tahun 2016, Sabtu malam, 19 November 2016, bertempat Stadion Utama H. Agus Salim Padang.

"Dari data yang saya terima, Porprov kali ini diikuti oleh 8.554 orang peserta dengan 2.545 dewan juri untuk memperebutkan 4. 594 medali. Saya mengapresiasi Walikota Padang, walau dimasa krisis keuangan daerah, Kota Padang mampu menyelenggarakan Porprov Sumbar yang ke XIV tahun 2016 ini dengan baik. Hari ini kita saksikan sendiri pembukaan Porprov Sumbar berjalan cukup meriah," ujar Gubernur Irwan.

Gubernur mengaku bangga dan senang dengan para kontingen dari 19 kabupaten/kota yang akan berlaga menggapai prestasi olahraga demi nama baik daerah masing-masing. Namun, ujar Irwan lagi, dari kesemua pertandingan dan perlombaan dalam Porprov ke XIV ini yang mesti diutamakan oleh para kontingen dan atlet adalah sikap dan nilai-nilai sportivitas, berani menerima kekalahan.



Wawako Emzalmi Mengambil Sirih Carano. 
"Saya berharap, setelah bertanding bangun silaturrahmi dengan baik. Karena menjaga silaturrahmi itu sebagai sikap sebagai satu bangsa dalam NKRI yang hebat. Kita juga berharap para wasit juga mampu menjalan amanah tugas dengan baik secara profesional dan tidak memihak kepada siapapun. Wasit juga diharapkan bersikap netral dan menjalankan nilai-nilai sportivitas dalam perlombaan dan pertandingan selama Porprov XIV ini," harapnya.

Dikatakannya, juara Porprov ini nantinya diharapkan terus berlatih lebih baik lagi, karena masih ada tingkat pertandingan secara nasional yang mesti diperjuangan demi nama baik daerah di pentas nasional maupun internasional. Berlatihan dengan rutin dan teratur, karena juara itu tidak datang seketika. Mencapai juara itu karena latihan dan kesungguhan untuk mencapainya.

Gubernur mengatakan, Sumbar adalah daerah yang memiliki cukup banyak atlet berbakat dan potensial. Buktinya, Sumbar berhasil meraih posisi lebih baik di ajang PON. Selain itu, potensi yang ada di Sumbar masih belum tergali dan hal ini merupakan tanggungjawab bersama.



Gubernur Menyampaikan Kata Sambutan.
"Sumbar daerah yang memiliki potensi atlet yang cukup banyak. Kita harus bisa menggali potensi mereka dan meraih prestasi terbaik, baik itu di tingkat nasional ataupun internasional. Mudah-mudahan, dua tahun mendatang kita dapat berjumpa lagi pada Porprov ke XV tahun 2018 di Kabupaten Pariaman," ungkap putra Pauh IX Kuranji, Kota Padang ini.

Sementara itu, Walikota Padang H Mahyeldi Ansharullah Datuk Marajo berharap, seluruh atlet yang bertanding menjunjung sportifitas. Wako mengaku tersanjung karena Kota Padang mendapat kehormatan sebagai pelaksana Porprov kali ini. Hal ini menurutnya akan membawa dampak cukup baik bagi Kota Padang terutama di sisi perekonomian.

Ia menegaskan, pihaknya akan berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada tamu. Sehingga diharapkan para kontingen merasa terkesan saat di Padang. "Kami bertekad ini menjadi pelaksanaan Porprov terbaik dengan memberikan pelayanan yang baik kepada seluruh kontingen," jelasnya.



Menyalakan Api Porprov. 
Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Yuni Poerwanti yang hadir malam itu merasa takjub dengan kemeriahan opening ceremony tersebut. Menurutnya, dengan Porprov akan muncul bibit atlet yang dapat berbicara di segala tingkatan. "Dengan adanya iven ini, potensi atlet yang ada di daerah akan berkembang baik. Mereka akan dapat bersaing di tingkat provinsi maupun nasional nantinya," sebut Yuni.

Lebih jauh dikatakannya, iven olahraga seperti ini merupakan ajang promosi efektif di bidang pendidikan, kesehatan dan juga untuk promosi perdamaian. "Maka dari itu, di iven ini ada penyatuan segala elemen sehingga dapat mendorong atlet Sumbar untuk tidak ketinggalan dalam mengukur kemampuan di kancah Internasional," ujarnya.



Parade Pembukaan. 
Beragam hiburan yang ditampilkan pada pembukaan pesta olahraga terakbar di Sumbar tersebut. Seperti pesta kembang api, tari massal, atraksi marching band terbaik Sumatera Barat dari IPDN Baso, gandang tasa serta puncaknya penampilan grup band asal Jakarta, J-Rocks.

Seluruh kontingen kabupaten / kota juga diperkenalkan pada malam itu. Mereka melambaikan tangannya ketika melewati panggung utama. Hadir dalam kesempatan itu Sekretaris Menpora RI Yuni Purwati, Ketua DPRD Sumbar diwakili Ketua Komisi I Drs. Aristo Munandar, Forkopimda Sumbar, Ketua KONI Syaiful,SH, Ketua Kadin Budi Syukur, Walikota Padang Mahyeldi, Wawako Emzalmi, Bupati/ Walikota , Ketua DPRD se Sumatera Barat. (by/charlie)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »